Menjijikkan! Nugget Ayam Ternyata Terbuat dari Adonan Pink Ini

by
July 27th, 2012 at 4:14 pm

Gizmodo

CiriCara.comCara membuat nugget ayam ternyata cukup menjijikkan. Ayam diproses dengan menggunakan mesin, dipilah dan dipisah-pisah. Ayam tadi diproses sehingga menjadi adonan merah muda.

Adonan berwarna merah muda ini diproses kembali sehingga menjadi nugget atau patty yang biasanya digunakan untuk isian burger. Bentuk adonan ini sebenarnya terlihat menjijikkan dan sangat aneh.

Proses pembuatan adonan nugget tadi ternyata harus direndam terlebih dahulu dalam larutan amonia untuk membunuh bakteri pada ayam. Proses perendaman itu membuat rasanya menjijikkan sehingga harus diberi perasa ayam buatan. Kemudian, warna pink aneh itu akan dihilangkan dengan menggunakan pewarna buatan.

McDonald’s di Amerika terkenal dengan menu nugget ayamnya yang enak. Karena berita ini banyak yang menyangka bahwa restoran cepat saji popular ini memakai adonan merah muda dalam nugget ayamnya, kabar ini rupanya tidak benar.

Nugget ayam McDonald’s sudah tidak lagi menggunakan adonan berwarna merah muda yang diproses dari mesin seperti ini, hal inilah yang disampaikan oleh lembaga POM Amerika (USDA).

Semua makanan yang mengandung adonan pink wajib diberi label “mechanically separated chicken or turkey (unggas atau ayam yang diproses dengan mesin)” dalam daftar bahan yang dipakai. Meskipun cara ini memang biasa digunakan untuk memproses unggas dan babi namun adanya penyakit sapi gila membuat sapi yang diproses dengan cara ini dikategorikan sebagai makanan yang tidak dapat dimakan dan dilarang untuk dikonsumsi manusia. (GT)

Comment di sini