Pemkot Bandung Siapkan Wi-Fi Gratis Untuk 1.563 Rukun Warga

by
July 27th, 2012 at 10:51 am

Jakarta (CiriCara.com) - Kota Bandung bercita-cita untuk menjadi kota cyber atau Cyber City. Guna mewujudkan mimpi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah memulainya dengan membangun jaringan internet yang akan menjangkau seluruh wilayah Kota Bandung.

Belum diketahui berapa kecepatan koneksi yang akan dinikmati warga Kota Kembang tersebut. Namun, dikabarkan bahwa fasilitas hotspot (wi-fi) gratis tersebut sudah bisa diakses pada Oktober tahun ini. Program yang diberi nama RW Net tersebut diselenggarakan Pemkot Bandung dengan PT. Telkom.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Edi Siswadi menyatakan bahwa instalasi fasilitas hotspot yang menjangkau 1.563 Rukun Warga (RW) dan 3.958 Rukun Tetangg (RT) tersebut merupakan yang pertama di Indonesia, bahkan di dunia. Dengan adanya program ini, ia berharap akan menjadi lebih mudah bagi warganya untuk berkomunikasi dengan Pemkot. Hal tersebut tentu saja merupakan kabar baik bagi seluruh warga Bandung. Selain menjangkau perumahan, Pemkot juga berencana untuk mencakup taman-taman kota yang ada di Bandung untuk menjadi bagian dari program RW Net tersebut.

Langkah Pemkot Bandung tersebut serupa dengan kota Surakarta yang pada Februari lalu menyatakan akan melakukan instalasi wi-fi di sepanjang tepi jalan protokol yang menjangkau area sejauh 10 kilometer. Dengan 40 titik wi-fi yang tersedia, warga Surakarta akan meikmati internet gratis dengan kecepatan mencapai 5 megabyte per detik.

Sebagai warga Jakarta, tentu saja saya bertanya-tanya. Kapan kiranya akan tersedia internet gratis bagi seluruh warga di kota yang notabene merupakan ibu kota Indonesia? (dd)

Comment di sini