4 Hal Penting Tentang Uang Dalam Rumah Tangga

by
July 30th, 2012 at 5:05 pm

CiriCara.com – Wanita memang lebih sering mengurus soal keuangan dibandingkan dengan lelaki apalagi dengan ekonomi keluarga.

Dalam rumah tangga yang memegang peranan penting untuk mengatur setiap keluar masuknya uang adalah istri. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara yang baik dalam membuat perencanaan keuangan.

Perhatikan hal-hal penting berikut ini sehingga keuangan keluarga tidak berada di jalur yang salah.

1. Memberitahu pasangan

Uang adalah topik yang cukup sensitif. Hal ini akan menjadi masalah bila pasangan dan Anda memiliki pandangan yang berbeda mengenai uang. Permasalahan muncul apabila Anda dan pasangan ternyata telah memiliki hutang dengan jumlah yang cukup besar. Diskusikan masalah ini sehingga Anda bisa membuat perencanaan ke depan. Walaupun pasangan menolak, pastikan Anda membicarakan masalah ini agar kondisi keuangan keluarga bisa menjadi lebih baik.

2. Penyalahgunaan kartu kredit

Apabila memiliki hutang kartu kredit, segeralah mencari cara untuk melunasi hutang tersebut. Caranya adalah dengan menghentikan penggunaan kartu kredit untuk sementara dan penghematan. Potong pos pengeluaran yang tidak perlu seperti nonton, makan di luar, ke kafe dan lain sebagainya. Uang yang seharusnya dipakai untuk jajan seperti ini bisa dialokasikan untuk membayar hutang kartu kredit.

3. Membuat tabungan

Meskipun kantor telah menyediakan dana pensiun, Anda tetap harus memiliki tabungan sendiri untuk hari tua Anda dan pasangan. Jumlah dan bentuknya bisa disesuaikan dengan apa yang Anda butuhkan. Ada banyak bentuk simpanan yang ditawarkan seperti Reksadana, saham, emas dan tabungan biasa. Biaya hidup saat pensiun akan selalu meningkat. Pastikan Anda dan pasangan telah memikirkan rencana ini.

4. Penuhi kebutuhan bukan keinginan

Kebutuhan dan keinginan jelas adalah sesuatu yang berbeda. Kebutuhan adalah hal yang harus Anda dan pasangan penuhi seperti tranportasi, rumah,baju, dan makanan. Hal selain itu biasanya dikategorikan sebagai keinginan. Membeli baju merek tertentu dengan harga fantastis tentu saja tidak dikategorikan sebagai kebutuhan. Pastikan anda berbelanja dengan bijak sebelum membeli sesuatu.

Itulah empat hal yang harus diperhatikan mengenai uang dalam kehidupan berumah tangga. Memang tidak mudah menyatukan dua kepala dengan pemikiran yang berbeda namun sebagai keluarga tentu saja Anda dan pasangan harus berkompromi. (GT)

Comment di sini