CiriCara: 10 Langkah Mencegah Blackberry Lemot

by
July 30th, 2012 at 4:39 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Meski kini Research In Motion (RIM) tengah dilanda rumor gulung tikar, pengguna produk mereka masih tetap banyak tersebar di seluruh dunia. Bahkan, dikabarkan juga bahwa Indonesia kini merupakan negara dengan pengguna Blackberry (BB) terbanyak di dunia, dari anak sekolah hingga pebisnis profesional. Namun, sebagian pengguna BB terkadang tidak mengerti bahwa pemakaian smartphone secara terus menerus juga bisa manjadikan gadget kesayangan mereka rusak atau lemot.

Agar BB kesayangan Anda tidak menjadi lemot, tidak ada salahnya untuk mencoba tips-tips di bawah ini:

1. Lakukan Clear Log

Tekan alt+LG+LG untuk memunculkan menu Log. Selanjutnya pilih menu kemudian Clear Log.

2. Bersihkan Cache

Setelah browsing, bersihkan cache yang tersisa di smartphone Anda. Cache sendiri merupakan data-data yang disimpan secara temporer di smartphone Anda. Semakin banyak browsing, semakin banyak pula memori yang terpakai untuk menyimpan cache. Efeknya, semakin lemot perangkat Anda. Cara membersihkan pilih Menu >> Browser >> Options >> Cache operation >> Clear history.

3. Bersihkan memori

Pilih Menu >> Options >> Security Options >> Memory Cleaning (aktifkan opsi, pilih enable) >> Clean Now.

4. Nonaktifkan Email

Jangan aktifkan terlalu banyak email di smartphone Anda. Pilih yang penting, lalu hapus atau nonaktifkan email yang lain.

5. Tutup chat BBM

Setelah BBm-an sebaiknya segera tutup chat dengan cara Menu >> end chat. Jika Anda merasa bahwa chat tersebut penting, percakapan dapat di simpan di media card dengan sedikit melakukan pengaturan di menu BBm. Pilih Menu >> Save Chat History, pilih tempat penyimpanan di media card.

6. Seleksi Grup BBm

Grup BBm yang aktif tentunya akan menyita memori dan tentu baterai. Seleksi grup BBm yang menurut Anda cukup penting.

7. Seleksi Aplikasi

Periksa kembali aplikasi-aplikasi yang ada di handheld Anda, silahkan buang alikasi-aplikasi yang kurang penting. membuang aplikasi merupakan cara paling ampuh untuk mengurangi memori yang terpakai.

8. Optimasi memori eksternal

simpan data-data seperti lagu dan foto ke dalam memori eksternal. Pengaturan memori dilakukan di Menu >> Options > Memory >> setting media card support menjadi : ON

9. Soft Reset

Soft Reset dianggap sebagai langkah terbaik untuk mengurangi BB menjadi lemot. Caranya tekan tombol Alt+Caps (aA)+del.

10. Hard Reset

Ini cara yang paling terakhir. Caranya adalah dengan mencabut baterai. Hal tersebut dilakukan guna mengetahui berapa sisa daya yang tersisa bagi smartphone yang memeiliki masalah dengan baterai.

Sekian, semoga bermanfaat. (dd)

Comment di sini