CiriCara: 3 Langkah Sederhana Bikin Android Ngebut

by
July 30th, 2012 at 11:47 am

Jakarta (CiriCara.com) - Kita semua pasti tidak suka jika gadget kesayangan jadi lelet atau lemot. Jika kamu menggunakan smartphone atau tablet berbasis Android, ada beberapa tips untuk membuat gadget kamu tetap menunjukkan performa yang bagus seperti yang disarankan oleh Chriss Hoffman dari makeuseof.com.

Menurut Hoffman, banyak pengguna termakan oleh informasi-informasi yang salah sehingga men-download aplikasi-aplikasi yang hampir tidak bermanfaat sama sekali. Untuk memperbaiki kinerja Android, kita sebaiknya memulai dari hal yang paling mendasar seperti:

1. Optimalkan tampilan Home

Memuat tampilan Home dengan banyak aplikasi atau widget dapat membuat gadget kita menjadi lemot karena setiap shortcut yang ada di Home akan terus berinteraksi dengan program yang berjalan di dalam perangkat kita. Untuk itu, sebaiknya kurangi shortcut yang ada di tampilan Home, terutama widget atau live wallpaper.

2. Menyeleksi aplikasi

Periksa kembali daftar aplikasi yang ter-install di Android anda. Pilih dan buang aplikasi yang tidak terlalu penting. Selain itu, Anda juga bisa memonitor aplikasi-aplikasi yang sedang bekerja dan memperhatikan jika ada aplikasi yang menggunakan terlalu banyak memakan RAM di gadget Anda. Langkah ini tidak perlu terlalu sering dilakukan karena Android bisa mengatur proses-proses apa saja yang sedang berjalan.

Namun, jika merasa ada yang tidak beres dengan gadget Anda, sebaiknya periksa apakah ada aplikasi yang berjalan tidak normal. Aplikasi yang berjalan tidak normal biasanya menghabiskan banyak CPU Usage. Untuk mengeceknya bisa dilihat di Task manager.

3. Browser lain

Browser yang sudah tersedia di Android Anda tidak di-update sejak pertama kali di-install. Anda disarankan untuk menggunakan browser lain seperti Google Chrome, Firefox, atau Dolphin, atau Opera. Opera Mini memiliki kelebihan karena mereka mengubah halaman yang akan kita kunjungi di server mereka sehingga mengurangi penggunaan jaringan serta proses loading.

Tiga hal tersebut terbukti mampu memperbaiki performa gadget Android Anda. Jangan termakan godaan aplikasi yang tidak terlalu penting seperti aplikasi yang memiliki fungsi untuk men-defrag Android. Sejak bertahun-tahun, setiap pengguna Windows berpikiran bahwa defragmentasi perlu dilakukan. Padahal hal tersebut tidak perlu karena setiap media penyimpanan akan secara otomatis mengatur data-data yang tersimpan ditempatkan. Defragmentasi tidak mempercepat apapun. Sebaliknya, men-defrag perangkat komputer atau gadget lain akan mengurangi siklus hidup media penyimpanan Anda. Semoga bermanfaat. (dd)

Comment di sini