CiriCara: Cara Menjadi Wanita Karir yang Sukses

CiriCara.com – Ciri-ciri seorang wanita karir yang sukses tidak hanya dilihat dari kemampuan dan keahlian yang ia miliki. Sikap atau bahasa tubuh juga menjadi salah satu indikasi kesuksesan wanita dalam dunia karir.

Cara membawa diri dihadapan orang lain bisa menjadi salah satu cara untuk membuat Anda memiliki kesempatan mendapatkan promosi atau mendapatkan pekerjaan baru. Perhatikan sikap yang dapat membuat Anda tampak sangat percaya diri berikut ini:

1. Berdiri tegak

Saat berdiri pastikan kamu membusungkan dada dan tegap. Saat duduk jangan menyilangkan kaki namun duduklah dengan tegap dengan kaki menyentuh lantai dan punggung menempel pada sandaran kursi. Sikap duduk seperti ini membuat Anda terlihat percaya diri.

2. Berhenti gelisah

Menyentuh rambut, memegang pergelangan tangan atau asesoris yang kamu pakai menandakan bahwa kamu sedang gelisah. Hal ini tentu saja tidak boleh dilakukan. Tidak perlu melakukan gerak tubuh yang tidak perlu. Gunakan gerak tubuh yang tegas sehingga kamu pun tampak percaya diri dan kuat.

3. Atur volume suara

Setiap orang dilahirkan dengan suara yang sama kuat namun akhirnya orang berbicara dengan nada suara yang dilunakkan atau meninggi di akhir kalimat. Ambil nafas dalam-dalam agar suara menjadi stabil. Dengan begini suara yang keluar tidak akan terlalu tinggi, lemah atau pelan.

4. Kontak mata

Jangan lupa melakukan kontak mata walaupun tidak terlalu sering tapi Anda bisa melakukan kontak mata dengan lawan bicara. Pastikan kontak mata yang Anda lakukan berlangsung cukup lama agar lawan bicara merasa bahwa Anda memang sedang mendengarkan apa yang sedang ia bicarakan. Saat berbicara dengan banyak orang, pastikan Anda menatap mata para hadirin satu persatu dengan begitu setiap orang akan merasa terlibat dalam pembicaraan.

Ciri-ciri wanita karir yang sukse bisa dilihat dari bagaimana ia bertindak dan bahasa tubuhnya. Jika ingin tampil meyakinkan dan tampak percaya diri, ciri di atas juga bisa diaplikasikan saat akan melakukan wawancara kerja. (GT)


comments powered by Disqus