Inilah Tampilan Jadul 10 Situs Terkenal

by
July 30th, 2012 at 3:11 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Tahun 1997, Apple merupakan sebuah perusahaan komputer yang sedang membangun dirinya, Microsoft sedang ramai dibicarakan karena rencana peluncuran Windows ’98 dan internet ketika itu merupakan sesuatu yang sangat berbeda. Melalui sebuah situs yang memfasilitasi untuk kembali dan melihat-lihat masa lalu, kita bisa merasakan kembali suasana yang dihadirkan tampilan antar muka situs-situs terkenal pada masa tersebut.

Mari kembali ke masa 15 tahun yang lalu dan mengingat kembali bagaimana 10 perusahaan raksasa yang paling berpengaruh menampilkan dirinya di Internet. Jika Anda berada pada masa itu tentu akan merasakan nostalgia. Jika tidak, silahkan menjelajah dan kembali ke masa yang Anda inginkan dengan bantuan Mesin Perjalanan Kembali di sini.

1. Apple

Pada era 90, Apple sedang berusaha membangun bisnis mereka. Tampilan antar-muka yang terlihat pun sangat berbeda dengan perusahaan yang kini merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. Di tampilan ini, Apple terlihat baru saja meluncurkan ponsel eMate 300.

2. Google

Google belum mempunyai website pada 1997. Gambar berikut ini merupakan tampilan raksasa mesin pencari tersebut di tahun 1998. Desain yang ditampilkan di sini sangat sederhana, simpel, dan terus dipertahankan hingga kini. Namun, desain yang sederhana tersebut bukan tanpa alasan. Selain untuk mempercepat loading atau alasan lainnya, faktanya adalah karena memang pada saat itu Google belum memiliki karyawan yang menguasai bahasa pemrograman HTML.

3. Yahoo

Pada masa sebelum Google, pengguna internet menggunakan situs lain untuk mencari informasi di internet. Yahoo dulunya merupakan sebuah direktori dan mesin pencari yang paling banyak digunakan. Tampilan mereka ketika itu begitu berantakan sehingga proses loading– yang ketika itu masih menggunakan modem sambungan telepon– menghabiskan banyak waktu.

4. Microsoft

Perusahaan milik Bill Gates tersebut ketika itu sedang bersiap meluncurkan Windows 98. Dengan slogan “Where do you want to go today?”, mereka juga meluncurkan Internet Explorer 4.0.

5. Amazon

Amazon pada era 90an sudah memiliki tampilan yang sedikit modern. Bahkan, tidak terlalu banyak yang berubah jika dibandingkan dengan tampilans aat ini.

6. AOL

AOL sangat berbeda denga sekarang ini. Halaman depan mereka ketika itu menawarkan para pengunjungnya untuk men-download AOL Instant Messenger, yang akhirnya menjadi sangat terkenal.

7. GeoCities

Sebelum ditutup pada 2009, GeoCities merupakan salah satu situs yang berpengaruh terhadap perkembangan internet. Jika Anda sudah mulai eksis di dunia internet era 90 an tentu mengenal perusahaan ini.

8. The New York Times

Tampilan New York Times ketika itu memiliki tata letak yang masih sangat mirip dengan surat kabar cetak yang dikenal di masyarakat.

9. AltaVista

Altavista merupakan sebuah mesin pencari. Sama seperti Yahoo, AltaVista memiliki tampilan yang lumayan. Kerjasama antara keduanya juga berjalan dengan rapih.

10. The White House

Tampilan mereka tidak terlalu mewah. Halaman depan merupakan “White House Virtual Library” yang dilengkapi dengan mesin pencarian.

Kembali dan melihat-lihat masa lalu terkadang memang menyenangkan. Namun sayang, situs yang menyediakan Mesin Perjalanan Kembali tersebut agak sulit untuk diakses. Dalam beberapa kali percobaan, kami hanya berhasil masuk ke situs tersebut dua kali. Jika Anda penasaran tentang Mesin tersebut, silahkan kunjungi situs ini. (dd)

Comment di sini