Jangan Khawatir! Tiket Kereta Api Lebaran Masih Ada

by
July 30th, 2012 at 11:32 am

Yogyakarta (CiriCara.com) – PT Kereta Api Daerah Operasi 6 Yogyakarta-Jawa Tengah memastikan masih ada tiket untuk keperluan perjalanan Lebaran 2012. Dari yang mulai reguler hingga kereta tambahan, semua masih ada. Jadi, jangan khawatir.

“Untuk kebutuhan perjalanan dengan kereta api dari Solo dan Yogyakarta masih ada tiket, baik yang reguler maupun ekstra,” kata Eko Budianto, Humas PT Kereta Api Daerah Operasi 6, seperti dikutip Tempo, Minggu (29/7/2012).

Tiket kereta api lebaran yang masih bisa didapatkan calon penumpang itu untuk keberangkatan tanggal 9-30 Agustus 2012 mendatang. Adapun kereta api yang tersedia adalah:

- KA. Argowilis jurusan Surabaya-Bandung melalui Yogyakarta, tanggal 9-16 Agustus 2012 dan 18-30 Agustus 2012..
- KA. Argolawu jurusan Solo-Gambir melalui Yogyakarta, tanggal 9-21 Agustus 2012 dan 27-30 Agustus 2012.
- KA. Taksaka Pagi dan Takasaka Malam jurusan Yogyakarta-Gambir ditanggal yang sama.

Eko mengatakan, para calon penumpang sebenarnya tidak perlu langsung datang ke loket di stasiun-stasiun. Karena, penjualan tiket kereta api online sudah bisa dilakukan, baik melalui biro perjalanan maupun di toko-toko jejaring, seperti Indomart dan Alfamart.

Para calon penumpang juga bisa membeli tiket mudik Lebaran di Kantor Pos. Namun, Eko mengingatkan agar para calon penumpang untuk membeli tiket di agen atau loket resmi. Jangan pernah meminta bantuan atau membeli tiket dari calo untuk mudik atau balik Lebaran.

Bagi Anda yang biasa menggunakan jasa calo, sebaiknya lebih berhati-hati lagi. Karena PT KAI akan melakukan tindakan tegas jika tiket yang dibeli tidak sesuai dengan identitas si pemegang tiket. “Setiap tiket harus sama dengan identitas penumpang. Kalau anak-anak diikutkan ke orangtuanya, tetapi tetap harus ditulis namanya,” jelas Eko.

Untuk tiket tanggal 22-26 Agustus 2012 di Daop 6, Eko menjelaskan bahwa tiket sudah banyak di pesan oleh para calon penumpang. Namun masih ada sedikit tiket tersisa, karena pada tanggal itu diperkirakan terjadi arus balik Lebaran.

Menurut Eko, jumlah pemudik yang menggunakan kereta api menuju wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah menurun 10 persen dibanding tahun sebelumnya. Sebab, pada mudik Lebaran kali ini PT KAI telah mengeluarkan kebijakan satu tiket satu tempat duduk. Tidak akan ada tiket tambahan atau berdiri.

“Tahun lalu masih ada toleransi tiket untuk penumpang berdiri, namun sekarang sudah tidak ada alagi. Baik kereta api ekonomi, bisnis, apalagi eksekutif,” kata dia.

Untuk meningkatkan kenyamanan dan pelayanan, PT KAI sudah melakukan perbaikan beberapa lokomotif. Saat ini khusus Daop 6 Yogyakarta, tinggal KA Prambanan Ekspres (Prameks) yang masih dalam tahap perbaikan. Perbaikan KA Prameks diperkirakan selesai pada 10 Agustus 2012. (YG)

Comment di sini