PNS Tak Boleh Mudik Pakai Kendaraan Dinas

by
July 30th, 2012 at 1:54 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melarang semua pegawainya menggunakan mobil dinas untuk kepentingan pribadi seperti mudik Lebaran mendatang. Karena sesuai dengan peraturan, mobil dinas hanya digunakan untuk keperluan operasional dan pelayanan masyarakat.

Larangan penggunaan mobil dinas untuk kepentingan pribadi sudah dijelaskan pada Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dimana di peraturan tersebut juga dijelaskan mengenai kendaraan dinas.

“Sudah menjadi peraturan, mobil dinas tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi. Mobil dinas hanya digunakan untuk keperluan operasional, tugas, dan pelayanan kepada masyarakat,” kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, seperti dikutip dari Kompas.

Sementara itu, bagi PNS yang kedapatan melanggar peraturan tersebut akan dikenai sanksi tegas. Mengenai bentuk sanksi atau hukumannya, Fauzi Bowo yang akrab disapa Foke belum memberitahukannya.

Foke menegaskan, larangan tersebut berlaku untuk semua pegawai Pemprov DKI Jakarta. Mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota, hingga provinsi, semuanya dilarang menggunakan mobil dinas untuk mudik.

Tidak lupa, Foke meminta kepada para pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan unit kerja perangkat daerah (UKPD) serta pimpinan kota dan kabupaten untuk melakukan pengawasan kepada pegawainya. Foke juga meminta para atasan bisa menjadi contoh yang baik untuk anak buahnya.

“Pimpinan harus menjadi panutan yang baik bagi stafnya,” katanya.

Lebih lanjut, Foke mengatakan bahwa larangan tersebut juga berlaku untuk dirinya. Pasalnya biaya pengadaan dan perawatan mobil dinas semuanya berasal dari alokasi anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Selain itu, Foke juga meminta masyarakat Jakarta untuk ikut aktif dalam melakukan pengawasan kepada PNS. Jika ada warga Jakarta yang melihat mobil berpelat B merah atau huruf belakang khusus seperti RFN, RFS, dan PQA ada di jalur mudik, segera laporkan.

Nantinya laporan warga tersebut akan ditindak lanjuti oleh Pemprov DKI Jakarta. Ayo, awasi mobil dinas yang mudik Lebaran 2012. (YG)

Comment di sini