TNI Ajak Mudik Gratis Pakai Kapal Perang

by

Koran-Jakarta

Jakarta (CiriCara.com) – Kementerian Perhubungan dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut akan menyediakan mudik gratis menggunakan kapal laut. Mudik gratis ini diberikan kepada para pengendara sepeda motor. Mau tahu cara mendaftarnya?

Rencananya, mudik gratis Kemhub dan TNI ini akan menggunakan kapal KRI Banda Aceh. Kapal perang ini mampu menampung 1.000 unit sepeda motor dengan kapasitas penumpang mencapai 1.500-2.000 orang.

Kapal mudik gratis ini akan berangkat dari Jakarta menuju Semarang, Jawa Tengah. Mudik gratis melalui jalur laut ini bertujuan untuk mengurangi volume kendaraan sepeda motor di jalan raya dan mengurangi macet saat mudik tiba.

“Tahun ini jumlahnya masih kami batasi sampai 1.000 sepeda motor dan penumpangnya antara 1.500 sampai dengan 2.000 orang,” kata Kapuskom Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S Ervan,di Jakarta.

Kapal KRI Banda Aceh akan berangkat dari Dermaga 107 Terminal Penumpang, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Kamis (16/8/2012) atau H-3 Lebaran. Keberangkatan kapal akan dilakukan sekitar pukul 11.00 WIB.

Tidak hanya untuk mudik, TNI dan Kemhub juga akan menyediakan kapal untuk arus balik lebaran. Kapal arus balik lebaran ini akan diberangkatkan dari terminal penumpang pelabuhan Tanjung Emas pada Kamis (23/8/2012) menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Bagi pengendara sepeda motor yang tertarik ikut mudik gratis ini bisa segera mendaftarkan diri. Pos pendaftaran mudik gratis sepeda motor ini berada di Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Jalan Palmas No. 1, Pelabuhan Tanjung Priok dan kantor penjualan tiker PELNI di Jakarta.

Sementara untuk arus balik dari Semarang, Anda bisa mendaftar di Posko Kantor Adpel Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. Penumpang yang akan diangkut masih berjumlah sama seperti arus mudik Lebaran.

Untuk syarat pendaftaran, Anda harus melampirkan foto copy STNK sepeda motor. Selanjutnya pendaftaran akan diregistrasi dan diberikan tanda peserta yang sekaligus berfungsi sebagai pas masuk pelabuhan.

Pendaftaran tersebut hanya berlaku untuk satu kali perjalanan. Ayo, daftar sekarang sebelum ketingalan. (YG)


comments powered by Disqus