Unik: Anak Tidak Bisa Berkeringat di Inggris

by
July 30th, 2012 at 9:09 am

Caters News Agency/Daily Mail

Cornwall (CiriCara.com)- Saat ini, musim panas masih belum berakhir di beberapa negara, seperti yang terjadi di Inggris. Umumnya, musim panas dianggap sebagai musim yang menyenangkan dan identik dengan liburan di pantai. Biasanya, anak-anak sangat girang menyambut datangnya musim panas ini.

Tapi berbeda bagi pasangan Jon James (39) dan Sarah Jones (33). Mereka adalah sepasang suami istri yang tinggal di Truro, Cornwall, Inggris. Mereka memiliki dua orang putra. Bagi keluarga kecil ini, musim panas adalah hal yang menyulitkan.

Hal tersebut dikarenakan putra sulungnya, Fred James, tidak dapat kepanasan. Fred mengalami kelainan sejak lahir, yaitu dia lahir tanpa kelenjar keringat, sehingga dia tidak dapat berkeringat.

Sebenarnya, keringat itu sangat penting bagi tubuh karena berfungsi untuk mendinginkan tubuh atau mengatur temperatur tubuh. Keringat yang biasa keluar dari tubuh dapat menyingkirkan panas. Jadi tubuh manusia tidak menyimpan panas di dalamnya sehingga suhunya tetap normal meski dalam cuaca yang sangat panas.

Hal inilah yang tidak dimiliki oleh Fred, sehingga dia dapat tewas akibat suhu tubuhnya terlalu panas. Itulah sebabnya, orangtuanya harus menjaga tubuh Fred tetap dingin dengan cara menyemprotkan air, membasahi baju yang dipakainya saat bermain di bawah sinar matahari, menggunakan kantong es, selalu menyalakan kipas angin di rumahnya, dll.

Menurut pengakuan sang ibu, Fred memang sudah mengalami masalah dengan tubuhnya sejak dia dilahrikan. Setelah hari keempat dari hari kelahirannya, Fred harus menjalankan perawatan intensif akibat masalah pernapasan. Saat usia 10 bulan, Fred mengalami kejang pertamanya.

Kemudian, setelah ulang tahunnya yang pertama Fred didiagnosis terkena sindrom Ectodermal Dysplasial, sindrom gentika langka yang menyebabkan dia tidak memiliki kelenjar keringat. Sindrom ini yang menyerang struktur ektodermal pada tubuh manusia seperti gigi, rambut, kuku, kelenjar keringat, dan beberapa bagian tubuh lainnya, termasuk juga struktur wajah.

Caters News Agency/Daily Mail

Sang ibu, Sarah, juga menambahkan kalau dia dan suaminya harus secermat mungkin mengawasi Fred yang senang berlarian dan bermain di luar rumah. Jika telinga dan seluruh bagian tubuhnya mulai berubah menjadi merah, itulah tanda bahwa Fred sudah mulai kepanasan. Sarah harus segera membawanya masuk ke rumah, menyemprotkan air ke tubuhnya, atau cara lainnya untuk membuat suhu tubuh Fred tetap stabil

Penyakit yang langka ini mampu merenggut nyawa Fred jika kedua orangtuanya lengah dalam mengawasi Fred yang seharusnya aktif bermain di luar rumah seperti anak-anak pada umumnya. (yk)

Daily Mail

Comment di sini