Cara Tetap Bugar Saat Menunaikan Puasa

by
July 31st, 2012 at 2:02 pm

WRP Diet

CiriCara.com – Kegiatan olahraga sudah seharusnya menjadi rutinitas walaupun sedang berpuasa. Olahraga dapat membantu membuat badan tetap segar dan sehat setiap hari. Namun saat seperti berpuasa, kegiatan olahraga harus dibuat lebih ringan daripada sebelumnya.

Menurut seorang ahli kesehatan dr Emmanuel Ventri, saat sedang berpuasa tidak ada larangan untuk tetap berolahraga. Melakukan olahraga saat berpuasa malah akan membantu vitalitas tubuh. Perhatikan factor dehidrasi karena selama berpuasa Anda tidak diperbolehkan untuk minum sehingga risiko dehidrasi cukup tinggi.

Olahraga sebaiknya dilakukan 1 jam atau 1,5 jam sebelum berbuka. Cairan atau keringat yang dikeluarkan dapat segera diganti dengan yang baru saat berbuka puasa tiba. Minum saat berbuka juga membantu mengembalikan suhu tubuh menjadi normal kembali.

Emmanuel mengungkapkan bahwa puasa memberikan efek positif biopsikososial yaitu sehat jasmani, rohani dan sosial. Olahraga adalah rangkaian gerak yang membantu meningkatkan dan memelihara kemampuan bergerak.

Emmanuel menjelaskan bahwa olahraga itu seperti makan yang menjadi kebutuhan tubuh terus menerus. Hal yang sama juga diungkapkan oleh dr Grace Tumbelaka. Dokter yang membidangi spesialis olahraga memiliki pendapat yang sama.

Seseorang tanpa penyakit jantung bisa berolahraga dengan intensitas sedang sekitar 60-80 persen dari denyut jantung maksimal. Saat berpuasa, olahraga bisa dilakukan di tempat yang sejuk agar tidak dehidrasi.

Olahraga yang baik dilakukan saat berpuasa adalah jogging ringan, aerobik, taichi, yoga dan bersepeda. Olahraga yang membuat daya tahan paru-paru meningkat dan meningkatkan kebugaran tubuh adalah pilihan yang baik.

Untuk lamanya waktu olahraga bergantung pada ketahanan tubuh masing-masing orang. Namun tetap harus melakukan pemanasan, gerakan inti dan pendinginan. Lamanya waktu berolahraga biasanya 30 menit. Olahraga bisa dilakukan 3 hingga 5 kali dalam seminggu.
(GT)

Comment di sini