CiriCara: Cara Agar Gula Darah Tidak Naik Saat Buka

by
July 31st, 2012 at 4:17 pm

CiriCara.com – Menyantap menu berbuka puasa berbahan pemanis buatan sangat potensial memicu gula darah naik. Menyantap makanan manis sembarang saat berbuka juga bisa menambah resiko penyakit hipoglikemia.

Karena dr. Diana Suganda, Mkes, menyarankan untuk mengganti pemanis buatan dengan pemanis alami. Tidak perlu bingung, karena sebenarnya pemanis alami bisa Anda buat dengan mudah yakni dengan buah-buahan.

Berikut cara agar gula darah tidak naik saat buka puasa ala dr. Diana:

1. Berbuka dengan menyantap kurma

Tidak perlu khawatir, karena manis kurma adalah alami. Selain itu, kurma juga mengandung karbohidrat kompleks yang bisa menetralkan kadar gula darah. Jadi, pilihlah kurma yang asli dan alami tanpa bahan pemanis buatan.

2. Memasak kolak

dr. Diana menyarankan para ibu-ibu yang memasak kolak untuk buka puasa bisa mengganti atau mengurangi gula pasir/jawa dengan menghaluskan labu kuning atau ubi jalar. Lalu siapkan santen encer. Mengurangi penggunaan gula pada kolak juga bisa mencegah naiknya kadar gula dalam darah.

3. Membuat koktail

Saat membuat koktail, dr. Diana menyarankan untuk mengganti air sirup dengan jus buah. Jus buah akan membuat koktail tetap manis walau tanpa gula dan sirop. Pilihan buah; melon, semangka, atau air kelapa (diutamakan buah yang manis dan mengandung banyak air).

4. Membuat puding atau agar-agar

Menurut dr. Diana gula pasir untuk puding atau agar-agar bisa diganti dengan buah-buahan. Anda bisa membuat puding dan agar-agar isi buah segar. Untuk pemanis lainnya, Anda bisa menambahkan air kelapa, jus jeruk, atau jus tomat.

Menurut dr. Diana, agar puasa bisa tetap sehat dan bugar, Anda harus pandai dalam memilih menu buka puasa yang sehat. “Kita harus cermat memilih menu berbuka, agar puasa tetap sehat, dan bisa menikmati makanan,” kata Diana seperti dikutip Tribunnews.

Mengganti gula dengan buah-buahan sebagai pemanis alami adalah langkah yang tepat. Selain manis, menu buka puasa Anda jadi jauh lebih bergizi dan tentunya aman untuk kesehatan Anda dan keluarga. (YG)

Comment di sini