CiriCara: Cara Menahan Amarah di Bulan Puasa

by
July 31st, 2012 at 4:57 pm

CiriCara.com – Saat melaksanakan ibadah puasa, umat muslim dilarang makan dan minum. Selain itu, muslim juga diharus untuk bisa menahan amarah atau emosinya. Karena jika tidak, itu akan mengurangi pahala puasa yang akan didapat.

Jika ingin mendapatkan pahala yang banyak, maka pandai-pandailah menahan amarah. Meski hati kesal dan jengkel, cobalah untuk tetap tenang dan sabar. Jangan biarkan puasa tahun ini berakhir dengan sia-sia.

Berikut cara menahan amarah di bulan puasa:

1. Membaca taawudz

Kalimat taawudz adalah kalimat andalan umat Islam untuk meminta pertolongan dari Allah. “Audzubillahi minasy Syaithani rrajim (aku berlindung dari godaan setan yang terkutuk).” Cara ini telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

2. Segeralah duduk

Saat Anda merasa sudah mulai marah dan tidak bisa menahan emosi, cobalah untuk duduk. Hal ini karena marah dalam berdiri lebih besar kemungkinannya untuk melakukan kejelakan dan kerusakan daripada duduk. Jika masih marah juga, cobalah untuk berbaring. Ini juga pernah diajarkan Nabi Sallallahu alaihi wasallam.

3. Cobalah untuk diam

Agar suasana tidak semakin panas, maka disarankan untuk diam. Selain bisa menenangkan suasana, diam juga bisa menjadi obat untuk amarah. Karena sebenarnya ucapan dan perkataan yang keluar dari mulut bisa memicu munculnya amarah. Jadi, diamlah saat Anda mulai marah dan emosi.

4. Segera berwudhu

Jika Anda merasa tidak bisa menahan amarah, segeralah untuk berwudhu. Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya untuk berwudhu saat sedang marah. Karena dengan membasuh muka, amarah akan hilang melalui air yang mengalir tersebut. Jadi berwudhu lah saat Anda marah.

5. Berlatih sabar

Kunci terpenting dalam menahan amarah adalah menjadi pribadi yang sabar. Caranya belajar menjadi orang yang sabar adalah memperdalam ilmu agama dan menghilangkan sifat egois. Karena sesungguhnya Allah selalu bersama orang yang sabar.

Berpuasa bukan hanya menahan diri dari rasa lapar dan dahaga, tapi juga menahan diri dari amarah atau emosi. Marah-marah saat berpuasa hanya akan membuat pahala ibadah puasa berkurang bahkan hilang. Jadi, jagalah amarah Anda dengan baik selama puasa. (YG)

Comment di sini