Facebook Disambangi Whatsapp Palsu

by
July 31st, 2012 at 3:52 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Sebuah aplikasi di Facebook menyamar sebagai Whatsapp dan menipu sejumlah besar pengguna Facebook. Beruntung, administrator Facebook segera memblokir aplikasi tersebut. Penyamaran hanya bertahan selama kurang dari 12 jam.

Whatsapp sendiri merupakan sebuah aplikasi yang banyak digunakan di smartphone. Aplikasi tersebut memungkinkan para penggunanya berkomunikasi (chat) meskipun berbeda platform. Pengguna Android, iPhone, Blackberry, maupun ponsel berbasis symbian seperti Nokia, bisa bergabung dan berkomunikasi berkat aplikasi Whatsapp ini.

Karena hal itu, kini pengguna Whatsapp begitu banyak sehingga namanya dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Apa yang dilakukan aplikasi jahat tersebut memang tidak merusak atau mengganggu. Namun, mereka disinyalir akan menjual data-data para penggunanya.

Kehadiran Whatsapp palsu tersebut diketahui oleh seorang praktisi dari Vaksincom, Alfons Tanujaya. Ia menyampaikan kepada Detik.com bahwa meskipun hanya aktif di Facebook selama 12 jam, malware tersebut sempat mengelabui dan memakan banyak korban. Pengguna Facebook yang paling banyak “mendaftar” ke aplikasi tersebut berasal dari Thailand dan Indonesia.

Aplikasi tersebut diketahui berserver di Milindgupta.com. Cara pengembang malware jahat tersebut mendapatkan uang adalah dengan mengalihkan para pengunjungnya ke sebuah survei. Semakin banyak orang yang ikut survei, semakin banyak pula uang yang mereka terima. (dd)

Comment di sini