Inilah Masjid Berumur 1300 Tahun di China

by
July 31st, 2012 at 4:27 pm

Virtual Tourist

CiriCara.comMasjid Huaisheng juga dikenal sebagai Lighthouse Mosque. Masjid ini terletak di kota Guangzhou. Masjid ini adalah salah satu masjid tertua yang ada di dunia yang dibangun 1300 tahun yang lalu yang diberi nama untuk mengingat Nabi Muhammad.

Hal yang tidak biasa untuk sebuah bangunan di China adalah sebuah menara yang tingginya 36 meter dengan ujung yang lancip. Menara ini disebut sebagai Minaret atau menara pemanggilan. Itulah yang menjadi inspirasi nama Lighthouse Mosque.

Huaisheng sendiri memiliki arti menyimpan dalam hati yang disucikan atau yang bijaksana, merujuk pada Nabi Muhammad. Masjid ini juga sering disebut sebagai Masjid Agung Kanton dan Masjid Ying Tong.

Sebuah manuskrip tua menyebutkan bahwa masjid ini dibangun oleh Sa’d in Abi Waqqas. Ia adalah paman dari Nabi Muhammad dan datang ke China untuk menyebarkan agama Islam di tahun 650-an.

Sejarah mencatat bahwa Islam masuk ke daratan China pada abad ke-7 ke berbagai pusat perdagangan seperti Guangzhou, Quanzhou dan Yang Zhou. Masjid Huaisheng ini dibangun di masa dinasti Tang dan telah dibangun kembali beberapa kali setelah hancur karena kebakaran.

Hingga hari ini masjid ini masih digunakan sebagai tempat beribadah dan terawat. Masjid ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan muslim yang datang ke China. Bangunan ini juga adalah salah satu kebanggan penduduk Guangzhou. (GT)

Wikipedia

Comment di sini