Inilah Menu Sahur yang Harus Dihindari

by
July 31st, 2012 at 12:01 pm

CiriCara.com – Semua umat muslim yang akan menjalankan ibadah puasa disunnahkan untuk makan sahur. Tujuannya, makan sahur bisa menjadi cadangan energi untuk menjalani aktivitas di siang hari. Tapi, kenapa masih ada orang yang sahur namun tetap lemas saat puasa?

Jika Anda masih lemas meski sudah sahur, itu artinya ada yang salah dengan menu sahur Anda. Karena sebenarnya ada beberapa makanan yang harus dihindari saat sahur. Makanan ini bisa memberikan dampak buruk dalam tubuh saat berpuasa.

Berikut menu yang perlu dihindari saat sahur:

1. Minuman
Hindari minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti, kopi, minuman beralkohol, sari buah sitrus seperti jeruk, dan susu.

2. Makanan yang sulit dicerna
Makanan ini dapat memperlambat pengosongan lambung. Hindari kue tart, coklat, dan keju karena susah dicerna.

3. Makanan perusak
Hindarilah makanan yang mengandung cuka dan pedas, serta merica dan bumbu yang merangsang. Makanan ini bisa merusak dinding lambung.

4. Makanan pemicu cairan lambung naik
Hindari alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan. Makanan ini akan memicu cairan lambung naik sampai ke kerongkongan. Bisa memicu muntah-muntah dan menyebabkan rasa tidak enak.

5. Makanan pemicu asam tinggi
Hindari memakan permen, khususnya permen karet dan juga hindari merokok di waktu sahur. Kebiasaan ini akan memicu asam lambung jadi tinggi. Rawan terkena sakit perut dan maag.

Itulah beberapa makanan yang perlu dihindari agar puasa Anda bisa lebih bertenaga dan sehat. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang berserat seperti sayur agar sistem pencernaan tetap sehat.

Sementara menu yang dianjurkan untuk sahur adalah:

1. Minumlah air putih secukupnya. Tujuannya untuk menghindari dehidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan selama berpuasa.

2. Konsumsi vitamin dan minuman elektrot, seperti air kelapa. Tujuannya untuk meningkatkan elektrolit dalam tubuh dan bisa menambah energi selama berpuasa.

3. Makan buah yang mengandung banyak air, misalnya semangka. Jika ingin yang lebih praktis dan cepat, Anda bisa juga mengkonsumsi jus buah.

4. Konsumsi menu dengan karbohidrat kompleks yang banyak terdapat pada gandum, nasi merah, dan ubi. Makanan yang mengandung karbohidrat komplek bisa menstabilkan gula darah dan dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Konsumsilah makanan yang bermanfaat di atas agar puasa bisa lebih sehat dan segar. Jangan lupa juga untuk tetap berolahraga kecil agar tubuh tidak terasa kaku. (YG)

Comment di sini