Olimpiade 2012: Eko Yuli Raih Medali Pertama Indonesia

by
July 31st, 2012 at 8:40 am

REUTERS/Stefano Rellandini

London (CiriCara.com) – Atlet angkat berat Eko Yuli Irawan berhasil menyumbangkan satu medali pertama Olimpiade 2012 di London untuk Indonesia. Eko Yuli berhasil meyabet perunggu dari kelas 62 kilogram di Excel London, Senin (30/7/2012) waku setempat.

Eko yang memang sudah berpengalaman di Olimpiade berhasil membukukan total angkatan 317 kg dengan angkatan snatch 145 kg dan clean and jerk 172 kg. Namun jumlah tersebut masih kurang dari hasil yang diraih atlet asal Korea Utara.

Kim Un Guk dari Korea Utara berhasil meraih medali emas kedua untuk negaranya di Olimpiade 2012. Kim berhasil membukukan total angkatan 327 kilogram dalam dua gaya angkatan.

Selain itu, Kim, atlet 23 tahun ini juga berhasil menciptakan rekor dunia baru yang dulu dipegang oleh atlet angkat berat dari China, Zhang Jie pada 2008. Kim berhasil mengangkat beban 1 kg lebih berat dibanding rekor sebelumnya. Sementara di Olimpiade 2012 ini, Zhang, pemegang rekor lama hanya mampu berada di posisi keempat.

Posisi ketiga setelah Eko Yuli diraih oleh atlet dari Kolombia, Oscar Albeiro Figueroa Mosquera. Oscar sebenarnya berhasil meraih jumlah angkatan yang sama dengan Eko yakni, 317 kg. Tapi, karena beban tubuhnya lebih berat, Eko yang berhasil menempati posisi kedua dan berhak meraih perunggu.

Ini merupakan medali perunggu kedua bagi Eko di cabang angkat berat Olimpiade. Sebelumnya, Eko juga berhasil berada di posisi kedua dan meraih perunggu di Olimpiade 2008 silam. Perolehan nilai Eko saat ini juga naik dibanding saat ia berlaga di Kejuaraan Dunia Angkat Besi tahun 2009 yakni, 315 kg. (YG)

Comment di sini