Studi: Tweeps Jakarta Paling Aktif di Dunia

by
July 31st, 2012 at 1:19 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Semiocast, sebuah perusahaan yang memberikan data intelijen dan penelitian tentang sosial media, melakukan sebuah studi yang melibatkan seluruh pengguna Twitter (tweeps) di seluruh dunia. Ada dua hal yang menjadi sorotan studi yang dilakukan perusahaan asal Prancis tersebut. Pertama, mereka mengumumkan 20 negara yang memiliki jumlah tweeps terbanyak. Kedua, 20 negara dengan tweeps paling aktif di dunia.

Menurut catatan Semiocast, Twitter telah meraih 500 juta pengguna pada Juni 2012 dengan 140 juta lebih berasal dari Amerika Serikat. Hal tersebut tentunya membuat Amerika menjadi negara dengan jumlah tweeps terbanyak. Di peringkat dua ada Brazil, tiga Jepang, empat United Kingdom (UK), sedangkan Indonesia menempati urutan lima. Berikut daftar 20 negara dengan jumlah pengguna Twitter terbanyak.

Namun, secara mengejutkan, dua kota besar di Indonesia tercatat sebagai kota dengan tweeps paling aktif. Jakarta menempati urutan pertama, sedangkan Bandung ada di urutan keenam. Fakta tersebut tentu mengejutkan mengingat Indonesia hanya menempati peringkat lima negara dengan jumlah tweeps terbanyak. Di peringkat dua, ada Tokyo yang hanya sedikit berselisih dengan Jakarta. Berikut daftar 20 negara dengan tweeps paling aktif di dunia.

Karena itu, Bahasa Jepang kini diketahui sebagai bahasa kedua yang paling banyak digunakan di Twitter setelah Bahasa Inggris. Bahasa lain yang sedang berkembang adalah Bahasa Arab. Pengguna Twitter di negeri 1001 malam tersebut semakin meningkat dan menempatkan Bahasa Arab sebagai bahasa keenam yang paling banyak digunakan. (dd)

Comment di sini