Inilah 10 Universitas Terbaik Indonesia di Dunia Maya

by
August 1st, 2012 at 4:50 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Dunia pendidikan ternyata tidak hanya dinilai secara nyata. Sebuah badan bernama Webometrics menilai dan mengukur kemapanan universitas di seluruh dunia berdasarkan eksistensi mereka di dunia maya. Karena yang diukur merupakan eksistensinya di dunia maya, tentu saja penilaian dilakukan secara online.

Untuk menentukan yang terbaik, webometrics menggunakan empat hal yang menjadi kriteria penilaian:

1. Kehadiran (presence)

Dinilai berdasarkan banyaknya konten atau karya ilmia yang terindeks oleh Google. Kehadiran tersebut memiliki bobot penilaian sebesar 20%.

2. Pengaruh (impact)

Pengaruh tersebut bisa dikatakan sebagai penilaian kualitas atau isi intelektual dari tulisan-tulisan yang diterbitkan. Dengan menggunakan dua mesin pencari, mereka akan mengukur visibility tautan eksternal pihak ketiga dari karya-karya tersebut. Dengan kata lain, mereka mengukur seberapa besar karya universitas tersebut berpengaruh dan dijadikan rujukan oleh banyak masyarakat dunia.

3. Keterbukaan (openness)

Kata lain yang tepat untuk menggambarkan openness tersebut adalah aksesibilitas. Mereka akan mengukur sejauh mana karya dari universitas-universitas tersebut dapat diakses. Indikasinya bisa dilihat dari seberapa besar jumlah terbitan yang dapat di-download dalam bentuk dokumen pdf, doc, docs, dan ppt.

4. Keunggulan mutu (excellence)

Dinilai dari berapa besar jumlah karya akademik dari universitas tersebut yang diterbitkan dalam jurnal-jurnal internasional.

Penilaian Webometrics dimulai sejak tahun 2004. Mereka telah mengumumkan peringkat ratusan universitas terbaik di seluruh dunia. Untuk tahun 2012, Indonesia– diwakiliki oleh Universitas Gajah Mada– menempati posisi 379 di dunia dan peringkat 9 di ASEAN. Sedangkan Universitas Indonesia yang menjadi unggulan hanya mampu menempati posisi 507 dunia. Berikut daftar 10 universitas terbaik di Indonesia versi webometrics:

  1. Universitas Gadjah Mada (Peringkat Dunia: 379 | ASEAN: 9)
  2. Universitas Indonesia (507 | 15 )
  3. Institut Teknologi Bandung (568 | 18)
  4. Institut Teknologi Sepuluh November (582 | 19)
  5. Universitas Pendidikan Indonesia (630 | 22)
  6. Universitas Gunadarma (740 | 24)
  7. Institut Pertanian Bogor (764 | 25)
  8. Universitas Brawijaya (837 | 29)
  9. Universitas Sebelas Maret (883 | 30)
  10. Universitas Diponegoro (948 | 32)

Daftar tersebut diisi oleh universitas-universitas negeri yang menjadi unggulan di Indonesia. Hanya Universitas Gunadarma yang merupakan perguruan tinggi swasta berhasil masuk dalam daftar tersebut. (dd)

Comment di sini