Apa yang Membuat Pelayan Restoran Kesal?

by
August 1st, 2012 at 4:43 pm

CiriCara.com – Memang tamu/pelanggan adalah raja yang harus dilayani sebaik-baiknya, tapi hal itu bukan berarti para tamu restoran dapat berlaku seenaknya terhadap para pelayan di restoran tersebut.

Jangan pernah berpikir kalau pelayan restoran tidak pernah merasa jengkel terhadap para tamu yang datang.

Kira-kira apakah yang dapat membuat para pelayan restoran kesal?

Inilah beberapa hal yang menjadi penyebab pelayan-pelayan restoran marah terhadap para pelanggannya.

1. Bertanya terlalu banyak

Mungkin Anda baru pertama kali berkunjung ke sebuah restoran, tapi terlalu banyak bertanya mengenai menu dan hal-hal lain, kadang hal itu membuat para pelayan menjadi kesal. Apalagi jika Anda hanya bertanya terus-menerus dan tidak segera memutuskan untuk memesan menu. Biasanya para pelayan menjadi kesal karena mereka harus menunggu pesanan Anda terlalu lama.

2. Memotret makanan

Hal kedua yang biasanya membuat para pelayan restoran kesal adalah jika para tamu yang datang ke restoran menghabiskan waktu lama hanya untuk memotret makanan yang sudah dihidangkan, tapi tak kunjung menyantap makanan tersebut. Hal ini biasanya dilakukan oleh para turis mancanegara yang datang berkunjung.

3. Membuat berantakan

Jika para tamu yang datang ke restoran dengan mengajak anak-anak yang nakal, biasanya para pelayan sudah mulai merasa tidak nyaman. Pada umumnya, anak-anak itu suka membuat kekacauan dengan memberantakan makanan mereka di atas meja dan kursi yang mereka tempati. Hal ini membuat para pelayan harus bekerja ekstra untuk membersihkan meja tersebut.

4. Menggunakan bahasa asing

Jika ada tamu mancanegara yang datang berkunjung ke sebuah restoran tanpa menguasai bahasa lokal di daerah tersebut, hal ini kadang membuat para pelayan menjadi kesal dan gugup sebab mereka harus berpikir ekstra keras untuk memahami maksud si pelanggan dalam memesan menu. Apalagi, jika pelayan tersebut tidak memiliki kemampuan berbahasa asing. Hal itu akan menjadi kendala besar yang tidak disukai oleh para pelayan restoran pada umumnya.

5. Mengajukan banyak permintaan

Biasanya, hal yang paling sering membuat pelayan-pelayan restoran kesal adalah ketika mereka harus melayani tamu yang mengajukan banyak permintaan. Misalnya, mereka memiliki standart penyajian yang berbeda dengan restoran tersebut, lalu mereka akan memanggil pelayan untuk mengganti menu yang mereka pesan hingga sesuai dengan yang diharapkan. Dengan kata lain, para pelayan restoran dibuat kesal dengan tamu yang rewel, apalagi kalau berbicara dengan nada marah dan tidak sopan.

Itulah kelima hal yang paling sering membuat para pelayan restoran merasa jengkel ataupun kesal terhadap tamu-tamu yang dilayaninya. Jika kamu ingin mendapatkan pelayanan yang baik, maka kamu pun harus bersikap baik, meski mereka hanyalah sekadar pelayan restoran. (yk)

TruTV

Comment di sini