CiriCara: Cara Jadi Orang yang Karismatik

by
August 1st, 2012 at 4:34 pm

CiriCara.com – Banyak yang bilang kalau kharisma seseorang sudah muncul sejak ia lahir dan tidak bisa dirubah. Ternyata, anggapan tersebut salah besar. Karena menurut para peneliti kharisma seseorang bisa ditingkatkan dengan cara dilatiih. Mau tahu caranya?

Kharisma juga sering disebut sebagai daya tarik. Itu artinya, jika kamu ingin digandrungi oleh cewek atau cowok, maka kamu harus jadi seseorang yang karismatik. Dengan mempunyai kharisma yang tinggi, kamu juga akan dihormati oleh orang lain.

Berikut cara menjadi orang yang karismatik ala ilmuwan Olivia Fox Cabene:

1. Latihan fisik

Hal yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah latihan fisik. Caranya, kenakan pakaian yang longgar sehingga kamu dapat bernapas dengan mudah, berdiri dan berpijaklah dengan kuat, tarik napas dalam dan tersenyumlah yang lebar, tarik bahu dan punggung. Kamu bisa terlihat karismatik dengan cara ini.

2. Jadi pendengar

Selain menonjolkan diri, karismatik juga bisa terlihat dari cara orang berinteraksi. Cobalah untuk menjadi pendengar yang baik. Berikan dia kesempatan untuk bicara terlebih dahulu dan setelahnya kamu bisa memberikan tanggapan. Berikan dia jawaban yang bijak dan tepat agar karismatik kamu keluar.

3. Kharisma telepon

Saat ada yang menelepon, disarankan untuk tidak langsung bersikap ramah ataupun galak. Cobalah untuk menjawab telepon dengan nada biasa saja terutama jika nomor tidak dikenal. Bersikap ramah dan seolah akrab saat ditelepon bisa menurunkan kharisma kamu.

4. Jabat tangan yang baik

Cobalah untuk jabat tangan dengan baik karena kharisma bisa terlihat dari cara jabat tangan. Caranya, cabatlah tangan orang yang akan kamu ajak bicara. Utamakan untuk menjabat sabil mengerakkan lengan ke atas ke bawah namun tidak terlalu tinggi. Jabat tangan menunjukkan kekuatan dan kepribadian yang kuat. Jangan lupa juga untuk senyum.

5. Bersikap dewasa

Kharismatik seseorang bisa muncul dalam kedewasaan sifat dan tingkah lakunya. Cobalah untuk bersifat dewasa agar orang lain memperhatikan kamu. Misalnya, ketika hendak masuk lift, tahan pintu untuk membiarkan orang lain masuk, masuklah terakhir, dan berdiri dengan punggung ke pintu, menghadap semua orang.

6. Cara berbicara

Karismatik seseorang bisa terlihat dari gayanya berbicara. Caranya, turunkan intonasi nada bicara kamu di akhir kalimat, kurangi kebiasaan kamu menganggukkan kepala, berilah jeda selama dua detik sebelum kamu melanjutkan bicara.

Orang yang punya kharisma tinggi akan selalu dihargai dan dikagumi oleh lawan jenis. Memperbaiki kharisma juga sekaligus memperbaiki kepercayaan diri kamu. Apakah kamu sudah menjadi orang yang karismatik? (YG)