Flu Anjing Laut: Ancaman Baru Bagi Kesehatan Manusia

by
August 1st, 2012 at 9:13 am

Digital Vision / Getty Image

Jakarta (CiriCara.com) – Tahun lalu, lebih dari 160 anjing laut ditemukan mati di Amerika, tepatnya di sepanjang perairan Maine hingga Massachusetts. Kini, para ilmuwan telah menemukan jawaban atas kematian tersebut: Flu. Selain itu, mereka menambahkan bahwa flu yang diderita anjing laut ini juga mengancam kesehatan manusia.

Kejadian ini berawal pada September tahun lalu ketika puluhan anjing laut terlihat sangat pucat dan diketahui menderita radang paru-paru (pneumonia). Beberapa bulan kemudian, tidak kurang dari 160 anjing laut ditemukan mati dan penelitian terhadap bangkai mereka pun segera dilakukan.

Hasil menunjukkan bahwa penyebab kematian mereka adalah sebangsa virus H3N8. Ketua tim peneliti Simon Anthony dari Columbia University mengatakan bahwa hasil tes dini menunjukkan adanya virus flu burung. Karena penasaran mengapa virus yang menyerang unggas tersebut menyebrang ke mamalia, mereka pun melakukan penelitian lanjutan dan mendapatkan kesimpulan bahwa virus flu burung tersebut telah mengembangkan kemampuan mereka.

Virus flu burung yang telah berkembang tersebut akhirnya diberi nama Seal H3N8 (flu anjing laut). Kemampuan Seal H3N8 adalah menyerang saluran pernapasan mamalia. Virus tersebut diduga telah meningkatkan kemampuan mereka untuk menimbulkan (virulensi) dan menyebarkan (transmisi) penyakit pada mamalia. Peneliti kini tengah melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan dampak flu tersebut pada manusia, yang juga merupakan mamalia.

Kembali ke beberapa tahun lalu, ketika flu burung H1N1 dan H5N1 dianggap bertanggung jawab atas kematian 344 manusia yang diserang olehnya. Keberadaan virus Seal H3N8 tentu saja berpotensi untuk mengancam kesehatan manusia.

Seperti dikutip dari Vivanews, W. Ian Lipkin, Direktur Pusat Infeksi dan Imunitas di Columbia University mengatakan bahwa setiap wabah penyakit pada hewan domestik atau satwa liar juga harus diwaspadai karena dapat menjadi bahaya bagi manusia. (dd)

Comment di sini