Hati-hati! Manusia Bisa Tertular Flu dari Singa Laut

by
August 1st, 2012 at 9:02 am

CiriCara.com – Ilmuwan Amerika Serikat telah menemukan virus flu pada singa laut yang kemungkinan dapat ditularkan pada manusia.

Virus baru ini disebut-sebut dapat membuat kesehatan hewan dan manusia memburuk. Flu pada singa ini disebut H3N8 yang sempat dikaitkan dengan kematian ratusan ekor singa laut di New England setahun lalu.

Ilmuwan mengatakan bahwa virus yang menyerang singa laut itu merupakan perkembangan virus flu yang berasal dari burung. Hal ini menunjukkan adanya kemungkinan munculnya potensi pandemik yang muncul dari sumber yang tidak terduga.

Para peneliti yang meneliti kematian 162 ekor singa laut di sekitar pantai New England menemukan hal yang mengejutkan. Dari hasil otopsi lima ekor singa laut, telah ditemukan bahwa binatang mamalia ini mati akibat infeksi virus H368. Virus ini pernah menyebar di Amerika Utara tahun 2002 dan menyerang spesies burung.

Peneliti dan penulis makalah penelitian, Profesor Ian Lipklin dari Universitas Colombia, Amerika Serikat menemukan bahwa virus pada singa laut merupakan sebuah “lompatan baru”. Ian Lipklin pernah menemukan virus Nile Barat dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Lipklin mengatakan bahwa virus ini menyebar pada burung dan kami pun menemukan virus yang bermutasi sehingga dapat menyebabkan flu pada burung dan mamalia.

Virus ini dapat bermutasi pada dua jenis spesies. Ilmuwan mengatakan bahwa flu telah berkembang dan menyebabkan penyakit yang parah. Virus ini dapat merusak protein yang ditemukan pada sistem pernafasan pada manusia.

Dr Anne Moscona yang berasal dari Will Cornell Medical College di kota New York juga mengungkap kekhawatirannya.

Moscona juga mengatakan bahwa ada kekhawatiran bahwa jenis virus baru ini akan menyebar pada spesies mamalia walaupun manusia belum pernah terinfeksi virus ini, hal seperti ini belum pernah ia temukan pada jenis penyakit lain.

Profesor Lipklin juga mengkhawatirkan apabila singa laut bisa menjadi tempat virus bercampur seperti halnya pada babi.

Ia mengungkapkan bahwa singa laut ternyata memiliki kerentanan terhadap virus flu pada burung dan manusia sehungga dapat berfungsi sebagai penghubung. Saat menginfeksi singa laut, virus akan berkembang dan menimbulkan penyakit pada mamalia. Dari temuan ini ia khawatir, bahwa virus flu pada singa laut akan menginfeksi manusia.

Laporan penelitian ini dipublikasikan di jurnal mikrobiologi Amerika, American Society for Microbiology. (GT)

 

BBC Indonesia