KPI Semprit Acara “Kampung Sahur Bejo” RCTI

by
August 1st, 2012 at 4:46 pm

Jakarta (CiriCara.com)KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) memberi teguran pada program TV yang melanggar aturan saat tayang. ‘Kampung Sahur Bejo’ menambah panjang acara TV yang kena tegur KPI.

Acara ini memang ada hanya di bulan Ramadan dan diputar saat jam sahur. Acara ini dibintangi oleh beberapa pelawak yang terkenal seperti Komeng, Opie Kumis, Melaney Ricardo, serta Ayu Dewi. Tayangan sahur ini dinilai telah melanggar Pedoman perilaku Penyiaran Tahun 2012.

KPI menilai acara ini menampilkan adegan pelecehan orang yang memiliki fisik tertentu, orang dengan orientasi seks tertentu dan yang memiliki identitas gender tertentu secara konstan.

RCTI pun memberikan tanggapan atas teguran ini. Managing Director RCTI, Kanti Miridati, mengatakan bahwa mereka akan terus melakukan evaluasi untuk memperbaiki hal-hal yang dianggap kurang pas.

Kanti juga menegaskan bahwa setiap kali ada teguran yang masuk dari pihak KPI. RCTI akan menindaklanjuti baik itu iklan maupun acara TV. Semua dibicarakan dengan internal RCTI dan juga pihak KPI.

Ia juga mengatakan bahwa tidak ada isu SARA dalam acara “Kampung Sahur Bejo”. Kalau ada unsur celaan di dalam acara, hal itu disebabkan karena acara ini adalah komedi yang ditayangkan live sehingga ada spontanitas yang terjadi di semua TV. (GT)

Comment di sini