Mau Tahu Pengalaman Orang Saat Mati Suri?

by
August 1st, 2012 at 1:46 pm

CiriCara.com – Mati suri adalah kejadian dimana seseorang dinyatakan telah meninggal namun setelah beberapa lama dia kembali hidup dan bernapas. Kejadian ini sering dianggap aneh oleh sebagian masyarakat. Mau tahu apa pengalaman orang mati suri?

Konon, orang yang mati suri akan melihat dan merasakan berbagai hal yang jauh dari luar nalar. Masing-masing orang akan mengalami hal yang berbeda, ada yang merasakan hal menyenangkan dan ada juga yang merasakan hal menakutkan.

PMH Atwater, peneliti Amerika dan penulis buku-buku tentang pengalaman mendekati kematian (near death experience) menuturkan, pengalaman yang menyenangkan saat mati suri lebih banyak dialami dibandingkan pengalaman yang menakutkan.

Pengalaman menyenangkan yang sering ditemui oleh orang mati suri ada bermacam-macam. Misalnya, bertemu anggota keluarga yang sudah meninggal, bertemu dengan sosok bijak seperti nabi atau bertemu makhluk yang bercahaya.

Sedangkan pengalaman menakutkan dari mati suri adalah merasa takut, sedih, dan bertemu dengan makhluk mengerikan bahkan, sampai melihat neraka. Namun tenang, karena kebanyakan orang mati suri mendapat pengalaman baik.

“Pengaruh terbesar dari mati suri terletak pada makna pengalaman tersebut bagi si subjek, bukan jenis pengalaman yang dijumpai,” tulis Rubiana Soeber, seorang psikolog seperti dikutip detikHealth, Rabu (1/8/2012).

Menurut Rubiana, masing-masing orang mempunyai penilaian tersendiri terhadap makna pengalamannya. Pengalaman menyenangkan untuk Anda, bukan berarti menyenangkan juga untuk orang lain. Jadi, makna pengalaman tergantung dari penilaian dan pemikiran masing-masing orang.

Terlepas dari semua itu, orang mati suri dengan pengalaman buruk akan lebih cepat berubah. Dalam hal ini perubahan tingkah laku saat di dunia nyata. Dia akan menjadi sosok yang alim atau rajin beribadah. Itu semua dilakukan semata-mata karena dia merasa takut (dengan pengalaman buruknya saat mati suri) dan ingin segera bertobat.

Secara umum, para ahli menemukan bahwa akan selalu ada efek positif pada orang yang mati suri. Namun sebagian orang ada yang masih berjuang untuk mengatasi masalah psikologis termasuk takut akan kematian.

Itulah pengalaman yang dirasakan oleh orang mati suri. Apakah kamu mau coba? (YG)

Comment di sini