Olimpiade 2012: Triyanto Berhasil Raih Medali Perak

by
August 1st, 2012 at 8:59 am

London (CiriCara.com) – Atlet cabang angkat besi kembali memberikan sumbangan medali kedua Olimpiade London 2012 untuk Indonesia. Sumbangan medali kali ini disumbang oleh lifter putra, Triyanto. Ia berhasil berada di peringkat kedua angkat besi kelas 69 kilogram putra.

Triyanto berhasil meraih medali perak di ajang angkat besi kelas 69 kilogram putra yang berlangsung di arena Excel London, Rabu (1/8/2012). Ia berhasil membukukan nilai angkatan seberat 333 kilogram dan menjadi atlet peringkat kedua.

Sementara peringkat pertama angkat besi kelas 69 kilogram diraih oleh lifter China, Lin Qingfeng. Ia berhasil membukukan total nilai angkatan seberat 344 kilogram, atau 11 kilogram lebih berat dibanding Triyanto.

Saat laga, Triyanto tampil kurang baik saat melakukan angkatan snatch setelah mengangkat beban seberat 145 kilogram. Tapi, pada angkatan clean and jerk, lifter peraih medali SEA Games 2011 ini mampu tampil apik dengan berhasil mengangkat beban seberat 188 kilogram dikesempatan akhir.

Selain Triyanto, ada juga lifter Indonesia lainnya yang ikut dalam angkat besi kelas 69 kilogram yakni, Deni. Namun sayang, peraih medal perak SEA Games 2011 ini hanya mampu berada diperingkat 12. Deni berhasil mebukukan nilai angkatan seberat 311 kilogram.

Dengan tambahan satu medali perak ini, posisi Indonesia dalam perolehan medali Olimpiade 2012 bisa berubah. Untuk sementara ini Indonesia berada di urutan ke-24 dengan perolehan total 2 medali yakni, perunggu dan perak. Keduanya disumbang dari atlet angkat besi.

Peringkat pertama klasemen perolehan medali di Olimpiade ditempati oleh China dengan perolehan total 23 medali. China mampu memboyong 13 medali emas, 6 medali perak, dan 4 medali perunggu. Posisi kedua ditempati Amerika Serikat (AS) dengan total 23 medali. AS berhasil memboyong 9 medali emas, 8 medali perak, dan 6 medali perunggu.

Prestasi yang diraih Triyanto menjadi bukti kuat atlet angkat besi Indonesia di ajang Olimpiade. Karena sejauh ini lifter Indonesia, khususnya lifter putra, selalu berhasil mendapatkan medali dalam setiap ajangnya. (YG)

Comment di sini