Olimpiade 2012: Twitter Lebih Favorit Ketimbang Facebook

by
August 1st, 2012 at 3:25 pm

Jakarta (CiriCara.com) – iProspect, sebuah agen pemasaran digital asal Inggris yang terkenal, bersama-sama sebuah agen media bernama Carat, melakukan studi terhadap media-media seperti Twitter, Facebook, Youtube, dan beberapa media online lainnya. Mereka menyebutkan bahwa Facebook kini tertinggal jauh dari Twitter. Sekitar 97% percakapan yang terjadi selama pergelaran Olimpiade 2012 di London terjadi melalui Twitter.

Studi yang dilakukan sejak upacara pembukaan tersebut dilakukan untuk mengetahui situs mana yang paling populer digunakan untuk mendiskusikan pesta olah raga empat tahunan tersebut. Seperti diberitakan The Telegraph, dalam beberapa hari, ada 10 juta pengguna aktif di Twitter yang mendiskusikan Olimpiade. Trafik paling ramai terjadi saat Rowan Atkinson muncul pada upacara pembukaan Olimpiade 2012 dan saat api Olimpiade tiba di London.

Tidak semua percakapan yang terjadi di Twitter merupakan hal yang positif, 14 % di antaranya bernada negatif dan merendahkan. Bahkan, seorang pemuda di Inggris tercatat ditahan pihak berwajib akibat tweet-nya yang bernada melecehkan, 26 % tergolong biasa saja dan 60% terdengar tidak ada masalah. Hasil lain yang ditunjukkan studi tersebut adalah bahwa 58% tweet datang dari Inggris, 22 % dari Amerika Serikat, dan sisanya dari seluruh dunia.

Namun, studi tersebut dinilai tidak bagus atau tidak valid karena Twitter merupakan jejaring sosial yang terbuka sehingga mudah diakses baik oleh iProspect maupun Carat. Sedangkan Facebook terlindung privasi di mana setiap update hanya bisa dilihat oleh teman. Hal tersebut menyebabkan studi ini tidak adil. Kecuali, pelaku studi telah menjalin hubungan pertemanan dengan lebih dari 900 juta pengguna Facebook. (dd)

Comment di sini