Penelitian: Merayu Cara Ampuh Untuk Naik Gaji

by
August 1st, 2012 at 10:44 am

CiriCara.com – Sebuah penelitian baru dari University of California di Berkeley, dan The London School of Economics menunjukkan, merayu ketika melakukan negosiasi gaji bisa memberikan efek yang lebih baik. Merayu ini dilakukan oleh para wanita kepada bos pria.

Selain untuk negosiasi gaji, merayu juga bisa digunakan untuk ngosiasi harga dengan pejual. Pasalnya, seorang wanita yang menawar harga dengan cara merayu penjual akan lebih efektif dibanding menawar harga dengan cara datar (biasa saja).

“Jika dilakukan bersamaan, godaan dan keramahan akan menciptakan daya tarik feminim. Penelitian kami menunjukkan efek ekonomis yang menguntungkan dari godaan tersebut bagi wanita,” ujar Laura Kray, PhD, psikolog dan profesor bidang kepemimpinan di Haas School of Business.

Penelitian tersebut dilakukan dengan membuat skenario tentang seorang pengunjung (wanita) yang ingin membeli mobil bekas di sebuah dealer mobil. Di sini ada dua wanita sebagai “Sue” (nama palsu untuk eksperimen), yang akan melakukan negosiasi harga dengan cara berbeda.

“Sue” pertama, mencoba negosiasi (menawar) harga mobil bekas dengan cara biasa tanpa merayu. Sementara “Sue” kedua, mencoba negosiasi harga dengan cara sambil merayu penjual atau pemilik dealer mobil tersebut.

“Sue” kedua merayu penjual dengan cara menatapnya, menyentuh lengannya, lalu berkata, “Anda terlihat lebih menarik saat bertemu langsung, ketimbang di email.” Sesaat kemudian ia bertanya pada penjual “berapa sih harganya yang lebih murah?”

Ternyata, negosiasi ala “Sue” kedua itu berhasil membuat sang pemilik dealer mobil memberikan harga yeng lebih murah, ketimbang “Sue” yang pertama. “Sue” yang bersikap ramah dengan penjual juga ternyata tidak mampu untuk mendapatkan harga lebih murah.

Tapi, menurut Kray, rayuan dan keramahan bisa dijadikan modal utama wanita untuk memperoleh kesepakatan yang menguntungkan. “Menyeimbangkan rayuan dan keramahan kelihatannya menjadi kunci untuk mendapatkan hasil ekonomis yang lebih diinginkan,” kata Kray seperti dikutip YouBeauty.

Dengan kata lain, merayu bisa menjadi cara yang ampuh untuk wanita dalam mendapatkan harga murah, naik gaji, dan juga mendapatkan pekerjaan. Merayu dengan cara senyum, kata-kata manis, dan penampilan seksi bisa membawa keuntungan untuk wanita.

Namun, cara merayu ini juga punya sisi negatifnya. Dimana wanita yang merayu saat negosiasi bisa disebut sebagai wanita murahan, atau disebut wanita tidak tahu malu dan bahkan disebut pelacur.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba cara merayu yang satu ini? (YG)

Comment di sini