Perseteruan Apple vs Samsung Masuk Babak Final

by
August 1st, 2012 at 1:16 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Perseteruan antara dua raksasa produsen gadget Apple dan Samsung telah memasuki babak utama. Mereka menjalani sidang yang disebut-sebut sebagai persidangan terkait hak paten terbesar yang pernah diselenggarakan di Amerika Serikat. Tak pelak, persidangan yang digelar di pengadilan federal di San Jose, California tersebut pun dipenuhi wartawan dan pengacara-pengacara handal. Sidang tersebut memang sangat dinanti. Pasalnya, mereka telah menunggu hingga 17 bulan sidang pra-peradilan sebelum digelarnya babak final tersebut.

Menurut laporan BusinessTech, Samsung dituduh meniru desain Apple dalam pembuatan produk-produk mereka baik tablet maupun smartphone. Melalui pengacaranya Harold McElhinny, Apple mencoba membuktikan tuduhan mereka dengan menayangkan sebuah slide berisi gambar-gambar produk ponsel Samsung di tahun 2006 dan membandingkannya dengan smartphone besutan Samsung tahun 2010. Mereka mempertanyakan bagaimana Samsung secara signifikan merubah model ponsel mereka dengan desain yang– menurut Apple– meniru iPhone. McElhinny juga mengklaim bahwa karena desain tersebut, Samsung berhasil mencatatkan keuntungan sebesar US$8.16 miliar. Karena itu, mereka menuntut ganti rugi royalti 2.4% dari setiap perangkat yang terjual. Ini berarti Apple menginginkan total ganti rugi sebesar US$2.5 miliar atau sekitar Rp 23.6 triliun.

Sementara itu, Samsung, yang juga menuntut Apple atas pelanggaran beberapa paten mereka, berdalih bahwa desain minimalis tersebut sangat populer dan digunakan oleh semua produsen, termasuk Apple. perusahaan yang berbasis di Korea tersebut mengaku sebagai perusahaan yang sedikit terlambat mengikuti tren, bukan sebagai peniru.

Persidangan ini memang sangat menarik karena selain mempertaruhkan uang dalam jumlah yang besar, mereka juga mempertahankan supremasi masing-masing di pasar smartphone yang terus tumbuh. Selain itu, keputusan sidang tersebut juga akan berpengaruh terhadap kerjasama jangka panjang mereka. Pasalnya, Apple juga dikenal sebagai pelanggan setia Samsung. Samsung merupakan pemasok panel LCD, flash memory, dan prosesor untuk produk-produk Apple. (dd)

Comment di sini