CiriCara: Cara Membuat Donat Goreng yang Renyah

by
August 2nd, 2012 at 3:01 pm

CiriCara.com – Pastinya Anda tidak asing lagi dengan jenis makanan yang satu ini, yaitu donat. Warnanya yang cokelat dan bentuknya menyerupai cincin menggugah selera kita untuk memakannya.

Donat yang beredar di pasaran banyak memliki varian rasa, mulai dari rasa cokelat, stroberi, tiramisu, dan varian rasa lainnya.

Pastinya Anda tidak ingin mengocek kantong terlalu dalam untuk hanya membeli donat, kali ini CiriCara.com mengutip resep dari resepkue.biz akan memberitahu Anda bagaimana cara membuat donat goreng  yang enak dan renyah. Berikut langkah-langkahnya:

Resep Donat Goreng

Bahan:

- 500 gram tepung terigu protein tinggi

- 500 gram tepung terigu protein sedang

- 250 gram mentega

- 250 gram gula halus

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok makan fermipan/gist

- 1 sendok makan baking powder

- 4 butir kuning telur

- 2 gelas susu segar

Cara Membuat:

1. Pertama, masukan tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang, baking powder, fermipan dan garam dalam satu wadah. Aduk bahan-bahan tersebut hingga tercampur rata. Kemudian lubangi tengahnya dan sisihkan.

2. Kocok telur dan gula halus hingga mengembang. Masukkan ke dalam campuran tepung yang sudah di lubangi sambil diaduk-aduk hingga rata. Masukkan mentega dan susu sedikit demi sedikit hingga susu habis, sambil diaduk hingga semuanya merata.

3. Selanjutnya, banting-banting adonan hingga adonan menjadi lembut.

4. Tutup adonan yang sudah lembut dengan lap basah, diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kempiskan adonan, lalu buat bulat-bulat dan lubangi tengahnya hingga berbentuk seperti donat. Setelah itu diamkan hingga adonan donat mengembang.

5. Terakhir Panaskan minyak, lalu goreng donat hingga donat tenggelam ke dalam minyak dan angkat bila sudah matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Bila ingin terasa manis, taburkan gula halus di atas donat dan makanan renyah ini siap disantap.

Bila Anda ingin melihat bagaimana proses pembuatan donat yang lebih jelas, simak video berikut:

(NR)

Comment di sini