CiriCara: Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

by
August 2nd, 2012 at 4:36 pm

CiriCara.com – Dalam bulan Ramadan terdapat satu malam yang istimewa yakni malam lailatul qadar. Dimana pada malam itu terjadi peristiwa diturunkannya kitab suci umat Islam yakni, Alquran. Siapa yang bisa mendapatkan lailatul qadar, maka dia akan mendapat keistimewaan.

Lailatul qadar juga sering disebut sebagai malam seribu bulan. Pada malam ini, seluruh malaikat turun ke bumi untuk mencatat amal baik hingga terbit fajar. Karena begitu istimewanya, banyak umat muslim yang berlomba-lomba untuk mendapatknya.

Namun sayang, Allah SWT ataupun Nabi Muhammad SAW tidak menjelaskan kapan pastinya malam lailatul qadar itu terjadi. Namun ada beberapa petunjuk yang bisa dijadikan acuan untuk mendapatkan malam yang istimewa ini.

Berikut beberapa petunjuk terjadinya lailatul qadar di bulan Ramadan:

1. Lailatul qadar terdapat pada 10 hari terakhir Ramadan.

Menurut hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim, lailatul qarad terjadi pada 10 hari terakhir Ramadan. Rasulullah SAW bersabda, “carilah (lailatur qadar) di sepuluh hari terakhir, jika tidak mampu maka jangan sampai terluput tujuh hari sisanya.” Ada yang mengatakan bahwa lailatul qadar turun di hari ganjil.

2. Tidak ada angin bertiup dan daun tidak bergoyang

Para ahli tafsir modern mengemukakan, saat lailatul qadar tiba, malaikat akan turun memenuhi bumi sehingga suasana damai menyelimuti bumi. Saat itu, angin tidak bertiup dan daun tidak bergoyang sedikitpun. “Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar,” QS. Al-Qadr ayat 5.

Cara mendapatkan malam lailatul qadar:

- Rajin beribadah di 10 hari terakhir Ramadan.
- Beri’tikaf di masjid atau di mushola.
- Melakukan perenungan kesalahan atau introspeksi diri agar bisa berubah.

Orang yang paling dekat mendapatkan lailatul qadar adalah muslim yang menghidupkan (tarawih, tadarus, i’tikaf dan memohon ampun serta amalan baik lainnya) 10 malam terakhir Ramadan. Nabi Muhammad juga disebutkan selalu beri’tikaf di masjid pada malam-malam terakhir Ramadan.

Jadi jangan pernah kamu sia-siakan waktu 10 hari terakhir Ramadan itu. Karena sesungguhnya malam lailatul qadar datang di hari-hari itu. Berusahalah untuk mendapatkan malam yang penuh berkah tersebut dengan beribadah. (YG)