CiriCara: Cara Sehat Puasa Untuk Penderita Maag

by
August 2nd, 2012 at 2:56 pm

CiriCara.com – Masalah kesehatan yang sering muncul saat puasa adalah sakit perut. Biasanya, hal itu dialami oleh mereka yang memang sudah mengidap penyakit maag. Apalagi penyakit maag sering muncul saat seseorang telat makan.

Penyakit maag sebenarnya disebabkan oleh asam lambung yang berlebihan. Hal inilah menyebabkan iritasi pada lambung karena tidak mendapat asupan makanan. Pada kondisi normal, asam lambung ini berfungsi sebagai pencerna makanan yang masuk ke lambung.

Menurut ahli kesehatan dan gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Profesor Veni Hadju, penyakit maag saat puasa bisa dicegah. Berikut caranya:

1. Segera makan saat berbuka

Membiarkan perut kosong terlalu lama bisa meningkatkan asam di dalam lambung. Sebelum terlambat, segeralah makan saat waktu buka puasa tiba. Makanan yang masuk ke dalam lambung akan membantu mengurangi asam lambung. “Jangan menunda-nunda waktu berbuka puasa,” kata Prof. Veni.

2. Jangan langsung konsumsi makanan besar

Hindari makanan besar seperti nasi dan lauk-pauk, saat buka puasa. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang manis terlebih dahulu. Jika ingin kenyang, kolak pisang bisa jadi pilihan Anda untuk menu pembuka. Makanan besar bisa memicu resiko iritasi pada dinding lambung.

3. Hindari makanan/minuman yang mengandung gas

Menurut Prof Veni, makanan yang mengandung banyak gas bisa meningkatkan kadar asam dalam lambung. Saat asam lambung meningkat, maka maag akan kambuh. Ia menyarankan untuk hindari konsumsi, kopi, susu, dan sari anggur. Karena minuman tersebut mengandung banyak gas.

4. Hindari makanan banyak bumbu saat sahur

Menurut Prof Veni, makanan yang mengandung banyak bumbu bisa memicu naiknya asam lambung. Hal yang sama juga bisa terjadi jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung asam. Beberapa contoh bumbu yang harus dihindari adalah merica, cabai, dan cuka.

5. Hindari makanan merusak dinding lambung

Prof Veni menuturkan makanan yang harus dihindari saat puasa adalah makanan yang bisa merusak dinding lambung secara langsung. Misalnya, makanan dengan struktur yang keras (buah kedondong), atau makanan yang mengandung serat tinggi (sawi dan buah nangka).

“Makanan yang harus dikonsumsi kalau bisa yang datar saja atau tidak mengandung bumbu,” kata Prof Veni seperti dikutip Tempo.

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, disarankan untuk segera berbuka puasa jika maag kambuh. Segera lakukan pengobatan infeksi agar maag tidak bertambah parah, sehingga Anda bisa kembali berpuasa esok hari. (YG)

Comment di sini