Gara-gara Boneka Beruang, Dua Jenderal Dipecat

by
August 2nd, 2012 at 2:09 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Dua perwira tinggi Belarusia dipecat oleh sang presiden Alexander Lukashenko. Mereka dinilai lalai dalam menjalankan tugasnya sehingga menyebabkan ratusan boneka beruang diterjunkan ke wilayah mereka. Insiden tersebut terjadi pada 4 Juli 2012, sedangkan pemecatan Komandan Komite Perbatasan tersebut baru diumumkan minggu kemarin melalui situs resmi pemerintah Belarusia.

Ratusan boneka beruang tersebut diangkut menggunakan sebuah pesawat kecil yang berhasil lolos dari petugas pengawas di perbatasan. Pesawat sewaan dari perusahaan Swedia tersebut memasuki Belarusia melalui perbatasan antara Belarusia dengan Lithuania. Setelah berhasil melewati perbatasan, boneka yang telah dilengkapi parasut tersebut diterjunkan di dekat kota Ivenets dan ibu kota Minks. Boneka-boneka tersebut tidak mengandung bahan peledak atau apapun. Mereka hanya “dipersenjatai” dengan tulisan-tulisan yang menuntut kemerdekaan dan kebebasan mengeluarkan pendapat.

Hal tersebut sontak membuat presiden Alexander Lukashenko naik pitam. Ia lantas memanggil Mayor Jenderal Igor Rachkovsky dan Komandan Angkatan Udara Mayor Jenderal Dmitry Pakhmelkin yang bertanggung jawab menjaga perbatasan. “Mengapa para komandan tidak memerintahkan untuk mencegat pesawat!?”, ujarnya seperti dikutip dari BBC Indonesia.

Selain murka kepada para jenderalnya, presiden Alexander Lukashenko juga dinilai mengarahkan kemarahannya kepada Rusia yang dulu membantu pembangunan sistem keamanan di Belarusia. Pasalnya, ini bukan kali pertama sebuah pesawat berhasil memasuki perbatasan mereka. Pada 1987, seorang pemuda Jerman berhasil terbang tanpa terdeteksi radar Uni Soviet hingga berhasil mendaratkan pesawatnya di Moskow.

Lukashenko memang dikenal sebagai pemimpin yang keras. Ia dinilai menjalankan pemerintahannya dengan tangan besi. Ia pun tak segan untuk bertindak tegas terhadap lawan-lawan politiknya. Kemenangannya dalam pemilihan Presiden Belarusia 2010 juga disinyalir penuh dengan kecurangan. (dd)

Comment di sini