Ikan Hiu Paus Terdampar di Pantai Yogyakarta

by

Bantul (CiriCara.com) - Lagi-lagi seekor ikan laut terdampar di pantai Indonesia. Setelah sebelumnya ikan paus sperma ditemukan teronggok tak berdaya di pantai Karawang, kini ikan hiu paus atau hiu tutul juga didapati hanyut hingga ke Pantai Baru Pandansimo, Srandakan, Bantul.

Sebelum akhirnya terdampar, ikan hiu berwarna hitam keabu-abuan dengan tutul-tutul dan perut putih ini terlihat mendekat ke pantai akibat diterpa ombak pada Rabu (1/8) petang.

TEMPO/Suryo Wibowo

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Cabang Bantul Suyanto kepada Tempo.co mengatakan bahwa ikan tersebut terdorong saat magrib. Beberapa nelayan berusaha untuk menarik ikan tersebut kembali ke tengah laut namun tak berhasil sebab ombak pantai selatan terlampau besar.

Anggota tim SAR juga telah berusaha mendorong ikan saat telah terdampar, namun karena peralatan yang tidak memadai, ikan itu  bergeming di tempatnya.

Suyanto mengungkapkan kondisi hiu tampak telah lemas saat itu. Hiu itu akhirnya diduga telah mati pada Kamis (2/8) pagi.

TEMPO/Suryo Wibowo

Seperti dikabarkan Tribun Yogyakarta, Uung dari organisasi Animal Friends Jogja menduga ikan hiu paus itu tersesat saat tengah mencari makan. Menurutnya, ikan tersebut bukanlah ikan dewasa jika dilihat dari fisiknya.

Kabar dari Tempo.co menyebutkan bahwa warga sekitar masih berkerumun di sekitar bangkai hiu laut di Pantai Pandansimo. Sejumlah orang juga sempat mengabadikan bangkai ikan raksasa pemakan plankton itu dengan kameranya. (hp)


comments powered by Disqus