JPU Tuntut ‘Sopir Maut’ Afriyani Susanti Dipenjara 20 Tahun

by
August 2nd, 2012 at 11:17 am

Jakarta (CiriCara.com) – Sopir maut yang mengendarai mobil Xenia, Afriyani Susanti dituntut 20 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Sidang pembacaan tuntutan JPU berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (1/8/2012) kemarin.

Pembacaan tuntutan disampaikan oleh JPU Soimah dan Tamalia Roza secara bergantian. Afriyani Susanti yang hadir dengan mengenakan baju tahanan berwarna merah ini didakwa dengan Pasal 338 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun.

Sidang pembacaan tuntutan ini dipimpin oleh majelis hakim Antonius Widyatono. Untuk hakim anggotanya adalah Marthin dan Sunardi. Afriyani terlihat datang dengan ditemani oleh empat kuasa hukumnya.

Dalam sidang, JPU mengungkapkan bahwa Afriyani pada 22 Januari 2012 silam di Jalan MI Ridwan Rais, Jakarta Pusat, telah dengan sengaja merampas nyawa orang lain. Afriyani dianggap melakukan kesengajaan dengan mengemudikan mobil Xenia bernomor polisi B 2479 XI dalam keadaan mabuk dan lelah.

Pasalnya, pada 21 Januari 2012 malam (sebelum kejadian), Afriyani telah mengkonsumsi alkohol dan begadang dengan lima temannya. Pada 22 Januari 2012, Afriyani mengemudikan mobil Xenia miliknya dengan keadaan masih mabuk dan akhirnya menabrak.

Afriyani Susanti disebut-sebut sebagai pengemudi maut karena telah menabrak 13 orang pejalan kaki. Dimana ada 9 pejalan kaki yang dinyatakan tewas. Dari hasil fisum, Afriyani Susanti mengemudi dalam keadaan mabuk dan juga pernah mengkonsumsi narkoba.

Adapun nama 9 korban tewas tersebut adalah Firmansyah (17), Buhari (17), Muhammad Huzaifah alias Ujay (16), Nur Alfih Fitriasih (18), Yusuf Sigit Prasetyo (2,5), Nani Riyanti (25), Suyatmi (50), Wawan Hermawan (25), dan Akbar (22).

Mobil Xenia yang dikenadari Afriyani keluar dari jalan dan melaju di trotoar sekitar Tugu Tani, Jakarta Pusat serta menghantam banyak pejalan kaki. Beruntung, nyawa Afriyani selamat dan bahkan tidak mengalami luka sedikitpun. Usai kejadia, Afriyani terlihat keluar dari mobil dengan muka tidak bersalah.

Hingga saat ini pihak keluarga korban tewas dari ‘sopir maut’ ini belum bisa memaafkan Afriyani. Mereka menuntut agar Afriyani dijatuhi hukuman yang seberat-beratnya bahkan hukuman mati. (YG)

Comment di sini