Mau Badan Sehat dan Bugar, Fitness Yuk

by
August 2nd, 2012 at 9:48 am

CiriCara.com - Ingin mempunyai tubuh sehat dan bugar merupakan impian bagi setiap manusia. Banyak cara untuk membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, tetapi terkadang individunya sendiri yang tidak mampu untuk melakukannya.

Sebenarnya ada salah satu solusi yang dapat dilakukan agar tubuh terlihat sehat dan menampilkan bentuk tubuh yang indah, yaitu dengan berolahraga seperti joggingskipping, bersepeda, berenang dan berbagai jenis olahraga lainnya. Namun, yang populer pada saat ini yaitu dengan melakukan fitness.

Bagi Anda yang baru akan memulai melakukan fitness, CiriCara.com akan memberikan tips agar Anda dapat  melakukan fitness dalam jangka waktu yang panjang dengan hasil yang maksimal. Simak tips berikut ini:

1. Mulai dari Diri Sendiri

Keinginan bentuk tubuh yang ideal datang dari keinginan Anda sendiri. Maka dari itu, dibutuhkan tekad yang kuat dari diri Anda yaitu dengan mendatangi tempat fitness. Melakukan fitness cukup dengan 2-3 kali seminggu dengan rutin sudah cukup menjadikan tubuh Anda ideal. Bila perlu, daftarkan diri Anda segera ke tempat fitness.

2. Rutin Berlatih

Setelah ada tekad, mulailah menjalankannya. Ketika ingin memulai fitness, lakukan pemanasan terlebih dahulu seperti gerakan peregangan dengan menyentuh ujung ibu jari kaki, meregangkan kaki, memutar pinggang dan meregangkan tangan ke semua arah. Lakukan sekitar 10 menit secara menyeluruh mulai dari bagian badan atas hingga kaki dengan hitungan 8 atau 16 hitungan. Setelah itu, Anda baru akan bisa memulai latihan inti dengan memakai alat yang tidak terlalu berat.

Lakukan pelatihan ini dengan tertib dan benar agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Ketika Anda berlatih dengan menggunakan alat tersebut, dapat diselingi dengan sambil menonton televisi atau berbincang-bincang dengan orang sekitar. Tetapi ingat, harus tetap fokus pada latihan Anda. Berisitirahatlah 1 hingga 2 menit dengan tujuan agar tubuh kembali segar dan tenang. Setelah tubuh lelah dengan berlatih seperti itu, ada baiknya beristirahat dengan mandi sauna atau berenang agar tubuh kembali segar.

Seusai berlatih Anda perlu memantau latihan Anda dengan cara mencatat alat-alat apa saja yang sudah Anda gunakan, berapa beban yang digunakan, berapa set hitungannya dan bagaimana efeknya pada tubuh. Bila hal tersebut dapat Anda pantau, maka dapat melanjutkan latihan dengan menggunakan beban alat yang lebih berat.

3. Konsumsi Asupan yang Sehat

Hal yang tidak boleh dilupakan agar tubuh tetap sehat selain berolahraga adalah mengkonsumsi asupan yang sehat. Seperti apakah asupan yang sehat itu? Banyak yang mendefinisikan arti asupan sehat, tetapi yang dimaksud disini adalah meminum air mineral yang cukup, 2-3 gelas air mineral sebelum latihan. Minumlah 2-3 jam sebelumnya, kemudian dilanjutkan dengan minum seperempat hingga setengah gelas air di sela-sela latihan.

Setelah berlatih lanjutkan dengan minum air mineral 2-3 gelas lagi. Air mineral dapat memberi lebih banyak energi, menjaga daya tahan tubuh, membantu metabolisme, dan menggantikan cairan yang hilang ketika melakukan latihan. Untuk makanan, konsumsilah sayur-mayur dan buah-buahan lebih banyak  serta kurangi makanan yang memiliki karbohidrat yang tinggi dan yang terakhir minumlah vitamin secara rutin.

Tips yang dibahas di atas akan bermanfaat apabila Anda ingin memperoleh tubuh yang sehat dan bugar dengan cara berfitness. Mulailah dari diri Anda dan ingat kata pepatah bahwa, “di dalam tubuh yang sehat  terdapat jiwa yang kuat”. (NR)

 

Comment di sini