Olimpiade 2012: Atlet Bulutangkis Indonesia Didiskualifikasi

by
August 2nd, 2012 at 8:55 am

Michael Regan/Getty Images Europe

London (CiriCara.com) – Federasi Badminton Dunia (BWF) telah mendiskualifikasi empat pasangan ganda putri dari Olimpiade London 2012. Dari keempat pasangan tersebut, ada satu pasangan dari Indonesia yang didiskualifikasi yakni, Greysia Polii dan Meiliana Jauhari.

Keempat pasangan bulutagkis tersebut dianggap telah melakukan hal yang kontroversial dan kecurangan. Dimana mereka melakukan kesengajaan untuk mengalah saat pertandingan sesi terakhir babak penyisihan grup.

Adapun mereka yang didiskualifikasi adalah dua pasangan Korea Selatan, satu pasangan China dan satu pasangan Indonesia. Sebelumnya, mereka juga telah mendapatkan peringatan dari pihak wasit saat pertandingan.

Sementara itu, tim kontingan Indonesia dan Korea Selatan akan melayangkan banding terkait keputusan BWF tersebut. Ketua Tim Olimpiade Indonesia, Erick Thorir, menyatakan sebenarnya yang menjadi ‘biang kerok’ adalah pemain China. Pasalnya, pemain Chinalah yang lebih dulu melakukan kecurangan.

Thorir menyayangkan tindakan tegas BWF baru dilakukan setelah pasangan Indonesia bermain, padahal pemain China sudah melakukan manipulasi sejak lama. “China telah melakukan hal seperti ini berkali-kali dan mereka tidak pernah mendapatkan hukuman dari BWF,” kata Thorir, Rabu (1/8/2012).

Thorir sangat kecewa dengan BWF yang terlambat dalam memberikan sanksi tegas. “Pada pertandingan pertama, China telah melakukan hal itu. Namun, BWF tidak melakukan sesuatu (sanksi),” sesal Thorir seperti dikutip Tempo, Rabu (1/8/2012).

Menurut Thorir, jika BWF bisa bertindak tegas sejak awal maka kejadian itu tidak akan terjadi. Seandainya BWF bisa bertindak tegas di laga pertama China melawan Korea, pasti tim lain tidak akan melakukan kesalahan. Menurutnya, BWF lambat dalam mengambil keputusan sehingga Indonesialah yang menjadi ‘korban’.

Setelah mengetahui ada kejanggalan di dua pertandingan (Korsel vs China dan Indonesia vs Korsel) babak penyisihan akhir, pihak IOC akhirnya memutuskan untuk meminta BWF bertindak tegas. Apalagi sejumlah penonton juga sudah menyadari adanya manipulasi hasil pertandingan di laga tersebut. (YG)

Comment di sini