Pria Amerika Dipenjara Gara-gara Menampung Air Hujan

by
August 2nd, 2012 at 2:14 pm

Oregon (CiriCara.com) – Pernahkah kamu mendengar kalau ada seseorang yang dipenjara karena menampung air hujan? Mungkin di Indonesia, hal semacam ini belum terjadi.

Tapi pada kenyataannya menampung air hujan dianggap perbuatan ilegal di beberapa wilayah dan negara bagian.

Salah satunya adalah seorang pria asal Oregon, AS, yang divonis untuk mendekam di penjara selama 1 bulan dan membayar denda sebesar 1.500 dollar Amerika akibat menampung air hujan.

Masalahnya, pria yang diketahui bernama Gary Harrington ini sampai membuat 3 waduk ilegal di tanah miliknya di daerah Eagle Point, Oregon.

Pria yang memiliki tanah seluas 170 hektar ini tidak tanggung-tanggung dalam menampung air hujan. Dia bukan sekadar menggunakan ember, tapi dia sengaja membuat waduk itu untuk menampung air hujan, dan butiran salju yang mencair saat musim dingin.

Menurut pihak berwajib, Gary telah melakukan perbuatan yang melanggar hukum karena sengaja menampung air hujan meski itu jatuh di tanah miliknya.

Ditambah lagi, menurut Badan Komisi Perairan Medford, waduk yang dibuat Gary itu ternyata juga mengambil air dari aliran air sungai kecil Crowfoot.

Sedangkan hukum tahun 1925 sudah memberikan kuasa penuh kepada Badan Komisi Perairan Medford untuk menguasai dan mengatur aliran air di wilayah tersebut.

Dari pihak Gary, dia tidak terima dengan putusan hukum yang dijatuhkan kepadanya. Gary sedang merencanakan untuk naik banding meski dirinya harus bertahan mendekam di penjara selama 30 hari terlebih dahulu.

Dia merasa telah dipermainkan oleh hukum dan pemerintahan wilayah setempat, karena Gary mengaku bahwa pada 2003 lalu, dia sudah mendapatkan izin untuk menampung semua air hujan di tanah miliknya sendiri.

Selain itu, Gary merasa dirugikan karena awalnya Departemen Sumber Daya Air sama sekali tidak keberatan, tapi mengapa setelah 9 tahun berselang dia malah harus mendekam di penjara.

Gary mengaku bahwa tujuan dia menampung air hujan dalam waduk ilegal buatannya ialah untuk berjaga-jaga dari kebakaran yang sering terjadi di daerah tersebut.

Jika memang Gary sudah mendapatkan izin untuk pembuatan tempat penampungan air seperti waduk tersebut, seharusnya Gary bisa memenangkan haknya pada saat naik banding nanti. (yk)

Digital Journal

Comment di sini