Raka, Anak Rano Karno Menderita Sakit Jiwa

by
August 2nd, 2012 at 11:52 am

Viva News

Jakarta (CiriCara.com) – Raka Widyarma, anak angkat Rano Karno yang sebelumnya tertangkap basah pada tanggal 6 Maret 2012 karena memiliki 5 butir ekstasi diduga mengalami gangguan jiwa.

Dokter ahli jiwa, Erwin Kusuma, mengatakan bahwa Raka memiliki kejiwaan yang tidak stabil seperti marah dan sedih atau dapat dikatakan sakit bipolar.

Jenis penyakit psikologi yang terjadi pada Raka disebabkan adanya perbuatan kasar yang dialami sejak kecil dan karena mendapat ejekan dari teman-temannya. Putra yang diangkat oleh Wakil Gubernur Banten ini memang sering mendapat ejekan dari teman-temannya karena statusnya sebagai anak angkat Rano Karno.

Ayah Raka sempat membawanya untuk berobat pada tahun 2010 dan hasilnya memang benar bahwa Raka menderita sakit bipolar. Dokter yang memeriksanya menganjurkan agar Raka menjalankan pengobatannya secara intensif dan melakukan terapi. Namun, pengobatan yang dijalankan Raka hanya berlangsung 3 kali dan akibatnya timbul lagi gangguan bipolar ini.

Gangguan bipolar juga memiliki berbagai macam variasi, tergantung pada perubahan pola mood yang dialami penderita. Selain itu, gangguan bipolar juga membutuhkan diagnosis yang detail dan cukup lama. Para dokter mendiagnosis gangguan ini dengan menggunakan kuesioner yang disebut Mood Disorder Questionare.

Gangguan ini beresiko menyebabkan bunuh diri dan mengganggu kehidupan penderitanya. (NR)

Comment di sini