Sirip Hiu Paus di Pantai Yogyakarta Sempat Akan Diambil Warga

by
August 2nd, 2012 at 3:25 pm

TEMPO/Suryo Wibowo

Bantul (CiriCara.com) - Ikan hiu paus atau hiu tutul yang mati di Pantai Baru, Pandansimo, Bantul, Yogyakarta, ternyata sempat akan diambil siripnya oleh nelayan setempat.

Program Manajer Animal Friends Jogja (AFJ) Dessy Zahara Angelina yang telah tiba di lokasi pada Rabu (1/8) malam bersama rekan-rekannya mengungkapkan sekitar jam 22.00 WIB kelompoknya sempat beradu argumentasi dengan penduduk setempat yang mengikatkan tali di ekor hiu.

Cekcok akhirnya terselesaikan setelah tokoh setempat turun tangan. “Warga lalu melepaskan ikatan,” ungkap Dessy.

Seperti diberitakan sebelumnya, seekor ikan hiu paus atau hiu tutul ditemukan terdampar di pantai selatan Yogyakarta pada Kamis (2/8) pagi setelah sebelumnya terdorong ke arah daratan sejak Rabu (1/8) petang selepas magrib.

Ridwan dari AFJ mengungkapkan ikan berbobot 20 ton dengan panjang 13 meter dan lebar 3,83 meter ini sempat berupaya bertolak kembali ke lautan namun tak dapat melawan derasnya arus.

Ikan hiu paus bukanlah seperti ikan paus sperma yang ditemukan terdampar di pantai Pakis Jaya, Karawang, Jawa Barat beberapa hari yang lalu. Paus sperma termasuk mamalia yang bisa bernapas dengan menggunakan paru-paru, sedangkan hiu merupakan spesies ikan yang tak bisa bertahan lama ketika berada di daratan. (hp)

Comment di sini