Benarkah Tersenyum Dapat Mengurangi Stres?

by
August 3rd, 2012 at 9:02 am

Kansas (CiriCara.com) - Kata stres, sudah tidak asing lagi di telinga publik. Stres merupakan beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat. Tingkat stres di kota-kota besar sangat tinggi. Apa penyebabnya?

Sebenarnya banyak hal yang membuat tingkat stres meningkat, misalnya kemacetan, banjir, tidak terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat, bahkan sampai hal yang terkecil yaitu terlalu banyak di depan komputer dapat mengakibatkan stres, seperti yang pernah dibahas CiriCara.com sebelumnya.

Dikutip dari Livescience.com, duo peneliti dari University of Kansas, Tara Kraft dan Sarah Pressman melakukan eksperimen terhadap 169 partisipan untuk menguji kelayakan ilmiah yang berbunyi “Apakah senyuman dapat berpengaruh baik bagi kesehatan?” Untuk menganalisis hal tersebut, para peneliti berfokus pada dua jenis senyum utama, yaitu senyum standar yang hanya menggerakan otot mulut, dan senyum tulus yang menggerakan otot mulut dan mata.

Selama fase penelitian, partisipan dilatih menciptakan ekspresi wajah yang berbeda. Partisipan diminta untuk memegang sumpit di mulut sedemikian rupa hingga otot wajah mereka menciptakan berbagai jenis senyuman. Saat partisipan sedang melakukan pelatihan, peneliti mengamati ekspresi wajah masing-masing partisipan. Lalu seusai latihan, duo peneliti juga memberikan pertanyaan-pertanyaan. Selain itu, peneliti juga  mengukur detak jantung dan  menanyakan partisipan mengenai tingkat kestresan dalam menghadapi pelatihan itu.

Hasil studi menunjunjukkan tersenyum memiliki manfaat nyata yang berkaitan dengan kesehatan. Dari hasil penelitian yang didapat, senyum dapat menjadi obat mujarab untuk mengurangi ketegangan atas masalah yang dihadapi dalam hidup. Selain itu, tersenyum dapat meringankan beban yang dirasakan tubuh ketika stres.

Sarah menambahkan, “Jadi apabila Anda sedang terjebak macet atau sedang mengalami hal stres lainnya, Anda mungkin harus mencoba untuk menahan muka dengan tersenyum sebentar.” (NR)

Comment di sini