CiriCara: Cara Menghadapi Karyawan Pemalas

by
August 3rd, 2012 at 11:38 am

CiriCara.com - Dalam satu perusahaan, tentunya terdapat karyawan yang pemalas. Sebagai atasan atau supervisor, ada baiknya masalah ini harus dapat diselesaikan segera agar pekerjaan lebih produktif dan demi kelancaran perusahaan.

Bagi Anda yang memiliki karyawan pemalas, berikut tipsnya:

1. Teguran Halus

Ajak bicara secara empat mata, tanyakan hal-hal yang harus dipertanyakan seperti, mengapa sering terlambat, mengapa semangat bekerjanya menurun. Apabila dia menjawab bosan, beri dia cuti panjang dengan catatan tetap menyelesaikan tanggung jawab pekerjaannya. Cara ini mungkin dapat memicu semangat bekerjanya lagi.

2. Buat Evaluasi

Tunjukkan evaluasi kerja Anda kepadanya dengan tujuan agar ia mengetahui kekurangan dia dalam bekerja dan tercatat dalam evaluasi Anda. Beritahu berbagai keluhan dari karyawan lain mengenai sifat malasnya karena mempengaruhi produktivitas tim secara keseluruhan. Tetapi hindari konfrontasi. Ada baiknya, diskusikan bersama anggota lain sebagai cara untuk membuat ia lebih produktif.

3. Beri Fasilitas

Alasan lain yang mungkin terjadi yaitu kurangnya fasilitas di perusahaan yang kurang mendukung. Solusinya adalah beri alat-alat kerja yang mendukung pekerjaannya dan pastikan juga komputer dan alat-alat lain dapat digunakan dengan baik. Bila perlu, beri pelatihan sebelumnya agar hasilnya maksimal.

4. Proyek Khusus

Libatkan “Si Pemalas” dalam proyek khusus yang bisa Anda pantau setiap saat agar bekerjanya lebih rajin. Mulailah dengan proyek-proyek kecil terlebih dahulu. Tujuan ini agar dapat menstimulasi minatnya dalam bekerja dan  meningkatkan motivasinya agar lebih produktif.

5. Lebih Terlihat

Kehadiran bos merupakan hal terpenting dalam suatu perusahaan. Mengapa? Karena apabila bos tidak ada di kantornya, hal ini memicu para karyawan untuk bermalas-malasan. Oleh karena itu, sering-seringlah hadir di kantor dan bertegur sapa dengan para karyawan agar terlihat harmonis. Selain itu, apabila Anda melihat salah satu karyawan yang sedang bersantai-santai, tegurlah. Lama-kelamaann dia akan merasa bosan dengan teguran Anda dan termotivasi untuk lebih rajin lagi.

6. Santai tapi Tegas

Terkadang Anda kerap makan siang bersama dengan para karyawan, namun pada saat jam kerja Anda tetaplah atasannya. Untuk menegur “Si Pemalas” perlihatkan padanya bahwa terdapat masalah serius dengan dirinya. Bicarakan dengannya agar ia lebih disiplin dan beri batasan waktu. Apabila ia tidak mematuhinya, beri peringatan. Bila tidak berubah, laporkan kepada atasan yang lebih tinggi atau HRD dan diskusikan.

Untuk menghindari adanya karyawan yang malas, ada baiknya Anda sebagai atasan atau supervisor mengoreksi diri terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar Anda tidak disalahkan atau digosipkan oleh karyawan lainnya. (NR)

Comment di sini