CiriCara: Cara Agar Terhindar dari Penyadap Ponsel

by
August 3rd, 2012 at 4:38 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Telepon yang awal mulanya ditemukan oleh Alexander Graham Bell, saat ini berkembang dengan pesat.  Buktinya, terdapat berbagai jenis merek dan model ponsel yang beredar di pasaran.

Namun, seiring perkembangan zaman, kemajuan teknologi seperti telepon dan ponsel ternyata menimbulkan tindakan kriminalitas yaitu penyadapan.

Salah seorang pengguna ponsel mengeluh, “Saya khawatir dengan maraknya penyadapan, baik melalui telepon ataupun ponsel.” (dikutip dari koran-jakarta.com) Keluh kesah dari salah satu masyarakat ini merupakan ketidaknyamanannya ketika berkomunikasi menggunakan telepon ataupun ponsel.

Apabila Anda mengalami hal yang sama, simak tips berikut:

1. Tinggalkan ponsel

Mulai saat ini, alihkan cara berkomunikasi Anda  dengan bertatap muka seperti, melakukan komunikasi antarpersonal, mengunjungi rumah kerabat, atau dengan menggunakan alat komunikasi tradisional seperti surat yang dikirim oleh kurir yang terpercaya, surat merpati pos, asap, bendera semaphore, kode sandi, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah agar si penyadap kesulitan untuk menyadap Anda.

2. Menggunakan Telepon dan Alat Komunikasi Lainnya Seefisien Mungkin

Gunakanlah alat komunikasi ini seefisien mungkin. Jangan membicarakan rencana jahat Anda, Keburukan Anda, dan informasi-informasi lain yang sifatnya rahasia. Berbicaralah baik-baik, mengapa? Agar dapat menyelamatkan diri Anda dari bahaya dunia maupun akhirat.

Dengan menggunakan alat komunikasi secara efisien, dapat menjauhkan diri Anda dari penyadapan.

3. Menggunakan Kode atau Bahasa Sendiri

Bila terpaksa terdapat suatu hal penting yang sifatnya rahasia, gunakanlah kode atau buat bahasa sendiri yang mungkin tidak dimengerti orang lain. Bahasa yang unik, yang hanya diketahui oleh antarpelaku komunikasi membuat penyadap tidak mengerti apa yang sedang dibicarakan.

4. Sama-sama Menggunakan Ponsel dan Nomor Perdana Baru

Keuntungan salah satu cara ini adalah untuk mempersulit gerak pelaku penyadapan dalam melacak. Anda dapat menggunakan ponsel baru dengan nomor telepon prabayar baru yang didaftarkan dengan identitas orang lain. Namun, lawan bicara Anda pun harus mengganti ponsel dan nomor kartu perdana baru.

Bila hanya dari satu sisi saja, dikhawatirkan mudah dilacak karena lawan bicara Anda dapat juga dijadikan korban penyadapan telepon.

Bagi Anda yang gemar berkomunikasi menggunakan ponsel atau telepon dan sering membicarakan hal-hal yang sifatnya rahasia, ingatlah tips ini. Tujuannya agar tetap merasa aman berkomunikasi dengan lawan bicara Anda. (NR)

 

Comment di sini