Facebook Temukan 83 Juta Akun Palsu Dalam Situsnya

by
August 3rd, 2012 at 12:04 pm

CiriCara.com – Tidak heran kalau banyak terjadi tindak kejahatan yang bermula dari Facebook.

CNET melaporkan kalau ternyata ada lebih dari 83 juta akun palsu dan ganda di Facebook.

Minggu lalu, situs jejaring sosial raksasa ini melaporkan pendapatannya dalam kuartal pertama, bahwa mereka mempunyai 955 juta pengguna bulanan yang aktif, dan 543 juta pengguna bulanan yang aktif melalui ponsel.

Akan tetapi, minggu ini, Facebook mengungkapkan bahwa 8,7% dari total akun-akun aktif tersebut adalah palsu. Lebih dari setengah akun-akun palsu tersebut melakukan penggandaan profil, sedangkan 2,4% adalah akun yang tidak termasuk dalam kategori, seperti akun yang menggunakan nama hewan peliharaan, dsb.

Ternyata, Indonesia dan Turki menjadi negara yang memiliki jumlah akun palsu terbanyak dibandingkan negara maju, seperti Amerika Serikat dan Australia. Meskipun hal ini didapat berdasarkan perhitungan metriks internal Facebook sendiri dan hanya merupakan estimasi karena hanya menggunakan beberapa sampel akun Facebook secara acak, namun, mereka mencantumkannya dalam halaman ke-24 di laporan tersebut.

Berikut ini adalah kutipan laporan mereka mengenai akun palsu tersebut.

We believe the percentage of accounts that are duplicate or false is meaningfully lower in developed markets such as the United States or Australia and higher in developing markets such as Indonesia and Turkey.

Kami yakin bahwa persentase akun ganda dan akun palsu tidak terlalu tinggi di negara maju seperti Amerika Serikat dan Australia, sedangkan di negara berkembang seperti Indonesia dan Turki, persentase akun ganda dan palsu itu lebih tinggi.

Kalau Facebook-nya sendiri saja sudah melaporkan bahwa para pengguna di Indonesia banyak yang menggunakan akun palsu dalam situs jejaring sosial ini, maka ini adalah tanda bagi semua pengguna Facebook di Indonesia untuk berhati-hati.

Ingatlah, untuk tidak memasukan data pribadi secara terperinci dalam profil akun Anda, dan jangan berteman dengan orang yang tidak Anda kenal. Selain itu, ubahlah pengaturan akun sehingga tidak sembarang orang dapat melihat isi profil Facebook Anda. (yk)

Huffington Post

Comment di sini