Inilah 6 Jenis Kurma yang Nikmat

by
August 3rd, 2012 at 2:03 pm

Suaramerdeka.com

CiriCara.com – Bulan Ramadan sudah berjalan selama 15 hari, umat muslim pun sudah menjalankan ibadah puasanya. Bagi umat muslim, buah kurma sudah tidak asing lagi didengar. Makanan pokok di Timur Tengah ini merupakan buah yang dicari-cari umat muslim pada saat bulan Ramadan.

Tahukah Anda ternyata terdapat banyak jenis kurma segar dan enak rasanya dari berbagai belahan dunia. Berikut jenisnya:

1. Kurma Ajwa

Kurma Nabi. Begitu sering disebutnya. Jenis kurma ini banyak tumbuh di Madinah dan menjadi kurma favorit Nabi Muhammad SAW. Kurma yang dijual Rp. 500.000 /kilogramnya ini memiliki tekstur lembut dengan rasa yang tidak terlalu manis dan memiliki warna kehitaman.

2. Kurma Kholas

Jenis kurma ini memiliki warna cokelat dengan kulit tipis yang menggelembung. Bagi Anda yang menyukai karamel, kurma ini sangat cocok menjadi pilihan Anda karena memiliki aroma karamel yang pekat dan rasa yang manis. Dijual cukup mahal seharga Rp. 350.000/kilogramnya, kurma ini juga memiliki daging buah yang empuk dan lembap.

3. Kurma Sokari

Kurma ini termasuk unik, karena dalam satu buah memiliki dua bagian yang berbeda. Kurma Sokari memiliki tekstur yang lembut dan terdapat pula yang keras. Setengah bagian kurma bertekstur lembut dan basah, sebagian lagi kulitnya lebih kering dan mengelupas.

4. Kurma Mactoumi

Bagi yang tidak suka manis, kurma ini sangat cocok dengan Anda. Mengapa? Karena kurma Mactoumi memiliki rasa tidak begitu manis dengan teksturnya yang kenyal. Bentuknya sedikit lebih besar dan berisi lalu memiliki kulit yang kering dan agak keriput.

5. Kurma Medjool

Kurma Medjool memiliki daging buah yang cukup manis dan kenyal. Selain itu, memiliki kulit buah yang tipis dan berwarna cokelat gelap. Kurma ini terkenal karena ukurannya yang besar dengan daging buah yang tebal dan legit.

6. Kurma Khidri

Kurma Khidri dikenal dengan rasa yang enak, bentuknya yang panjang dan agak lonjong. Apabila dilihat sekilas menyerupai dengan kurma agwa, tetapi bila dilihat lebih jelas kulitnya berwarna merah marun. Bagi Anda yang menyukai rasa manis, dapat mencoba jenis kurma ini. Selain itu, dagingnya yang kenyal pun dapat memanjakan lidah Anda.

Ternyata, buah kurma banyak jenisnya kan? Dan sekarang silakan pilih kurma favorit Anda untuk disantap sebagai makanan berbuka puasa. (NR)

 

Comment di sini