Mudik Gratis Ada di Mana-mana

by
August 3rd, 2012 at 11:33 am

Jakarta (CiriCara.com) – Sama seperti momen Lebaran yang sudah-sudah, Lebaran tahun 2012 ini juga akan diramaikan acara mudik gratis. Sudah ada beberapa perusahaan yang mulai menawarkan kesempatan mudik gratis.

Salah satu perusahaan itu adalah PT Astra Honda Motor (AHM). Sama seperti tahun sebelumnya, Honda Motor akan menyediakan 58 bus penumpang untuk para pemudik gratis. Selain itu, Honda juga menyediakan 24 truk untuk mengangkut 1.200 motor pemudik.

Public Relatin Astra Honda Motor, Muhib mengatakan bahwa rute mudik untuk tahun ini masih sama seperti tahun lalu. Rute yang akan ditempuh adalah Jakarta-Semarang dan Jakarta-Yogyakarta.

Mudik bareng Honda ini akan diberangkatkan pada 12 Agustus 2012 untuk membawa sepeda motor pemudik. Sementara pada 15 Agustus 2012 untuk para pemudik ke kampung dengan menggunakan bus.

“Berangkat pukul 05.00 WIB dari kantor Honda Motor di Sunter,” ujar Muhib, kepada Tempo.

Muhib mengatakan bahwa syarat untuk mengikuti mudik gratis bareng Honda ini sangat mudah. Cukup dengan menyiapkan uang pendafataran sebesar Rp 50 ribu dan melampirkan KTP Jabodetabek, Anda sudah terdaftar sebagai penumpang bus.

Selain Honda Motor, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk juga mengadakan mudik gratis. Tidak hanya untuk pemudik antar provinsi, BRI juga menyediakan mudik gratis untuk pemudik Indonesia yang ada di luar negeri.

Sekretaris Perusahaan Bank BRI, Muhammad Ali, menuturkan bahwa sebanyak 50 TKI dari Malaysia, Hongkong, Taiwan, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab akan ikut mudik gratis bareng BRI. Tahun ini adalah tahun kedua BRI mengadakan mudik gratis untuk para TKI.

“Tahun lalu juga ada, tahun kemaren 10 TKI dari Malaysia,” ujarnya.

Untuk syarat mudik bareng ini, BRI menetapkan syarat calon pemudik harus selalu menggunakan remintasi BRI dan mengirim uang melalui BRI. Sementara untuk calon pemudik di Indonesia, BRI hanya minta syarat KTP dan buku tabungan (fotokopi maupun asli).

BRI menyediakan 52 bus untuk tujuan Yogyakarta, Semarang, Malang, Surabaya, dan Wonogiri. Jadwal keberangkatan pada 14 Agustus 2012 pukul 10.00 WIB di Plaza Senayan sebelah utara. Untuk pendaftaran bisa langsung ke unit BRI terdekat.

Selain dua perusahaan tersebut, PT Indofood juga mengadakan mudik gratis. Perusahaan yang bergerak dibidang makanan ini mengadakan mudik gratis untuk perantau yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sasaran mereka adalah ratusan pedagang bubur. (YG)

Comment di sini