Seno Gumira Ajidarma Tolak Bakrie Award 2012

by
August 3rd, 2012 at 1:37 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Sastrawan tenar Seno Gumira Ajidarma mengikuti jejak Gunawan Muhammad, Sitor Situmorang, Romo Franz Magniz Suseno, dan Daoed Joesoef dengan menolak penghargaan Bakrie Award.

Pada 2011, kelima tokoh tersebut tak mau menerima Bakrie Award karena alasan penanganan lumpur Lapindo di Sidoarjo.

Seperti dilansir PedomanNEWS.com (3/8), Seno menyatakan penolakannya atas penghargaan Bakrie Awards 2012 lewat seorang co-moderator milis SenoGumiraAjidarman@yahoogroups.com yang bernama Rita.

Rita mengatakan, atas nama Seno, bahwa penghargaan tersebut sebaiknya diberikan kepada orang lain yang dianggap layak karena Seno tak dapat menerimanya.

Menurut pemberitaan PedomanNEWS.com, Seno mendapatkan surat pemberitahuan yang menyatakan bahwa ia terpilih untuk menerima Penghargaan Aham Bakrie atau Bakrie Award 2012 di bidang kesusastraan. Pada surat bertanggal 12 Juni 2012 yang ditandatangani Rizal Mallarangeng dari Freedom Institute itu tertera bahwa Seno berhak atas uang senilai Rp 250 juta serta trofi dan piagam. 

Selama ini baru enam orang yang berani menolak dengan tegas penghargaan Bakrie Award. Berry Nahdian Furqon sewaktu masih menjabat sebagai direktur eksekutif WALHI pada 2011 mengatakan budayawan dan intelektual harus berani menyuarakan kebenaran dan keadilan terkait kasus semburan lumpur Lapindo.

“Dengan menolak dan mengembalikan penghargaan, para intelektual dan budayawan itu menjadi bebas untuk menyuarakan kebenaran dan keadilan dalam kasus lumpur Lapindo,” ungkap Berry seperti diberitakan Tribunnews.com.(hp)

Comment di sini