Solo Sediakan Internet Gratis Untuk Pemudik

by
August 3rd, 2012 at 9:35 am

Surkarta (CiriCara.com) – Pemerintah Surakarta akan memanjakan para pemudik yang melewati kotanya dengan menyediakan fasilitas internet gratis. Rencananya internet gratis ini akan mulai diaktifkan saat arus mudik dan arus balik dimulai.

Kepala Seksi Piranti Lunak dan Keras Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Surakarta, Ari Wibowo, mengatakan pihaknya akan menyediakan internet gratis dengan sistem WiFi. Nantinya para pemudik bisa mengaksesnya di setiap rest area (tempat peristirahatan) yang sudah ada.

Ari juga mengatakan bahwa pihaknya akan menyediakan fasilitas hiburan berupa saluran televisi untuk para pemudik yang beristirahat. “Kami juga memasang TV Groovia, yaitu layanan televisi berbasis internet,” katanya, Kamis (2/8/2012).

Rencananya, layanan internet gratis tersebut akan diaktifkan mulai sejak H-7 hingga H+7 Lebaran. Adapun area peristirahatan yang menyediakan layanan gratis internet ini adalah area di Jalan Adi Sucipto, kawasan Jurug, Jalan Kolonel Sugiono, jalan lingkar, dan Jalan Bhayangkara.

Ari menjelaskan internet gratis ini bisa digunakan para pemudik untuk mencari posisi arah tujuan dan mencari informasi lalu lintas terbaru. Pemudik juga bisa mengakses sosial media seperti Facebook dan Twitter dengan internet gratis ini.

Selain internet dan televisi, Ari menuturkan bahwa pihaknya juga menyediakan telepon gratis, bengkel siaga, serta obat-obatan, dan makanan ringan untuk pemudik. Semua fasilitas ini tersedia di pos-pos peristirahatan yang tersebar beberapa titik di Kota Surakarta (Solo).

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Surakarta Yosca Herman Sodrajad mengimbau para pemudik untuk beristirahat di rest area. Selain bisa menikmati fasilitas gratis, pemudik juga bisa mengistirahatkan badan agar tidak terjadi kecelakaan.

Karena sebagian besar kecelakaan yang terjadi saat arus mudik dan arus balik Lebaran bermula dari kelelahan fisik pemudik itu sendiri. Itulah sebabnya pemerintah Surakarta menyediakan layanan gratis agar para pemudik mau beristirahat. Dan mereka bisa kembali melanjutkan perjalanan dengan tubuh yang segar dan fit. (YG)

Comment di sini