CiriCara: Cara Membuat Masker Untuk 4 Masalah Kulit

by
August 4th, 2012 at 12:00 pm

CiriCara.comKesehatan kulit bagi para wanita adalah hal yang sangat penting, khususnya kulit wajah. Sebagian besar wanita akan merasa kurang percaya diri jika kulitnya berminyak, berjerawat, iritasi, dan kusam.

Para wanita yang sibuk bekerja ataupun memiliki kegiatan padat di luar rumah mungkin tidak sempat merawat diri sehingga mengalami masalah kulit seperti di atas. Namun, tidak perlu khawatir, di bawah ini ada beberapa cara untuk membuat masker sederhana di rumah.

1. Kulit terbakar sinar matahari

Jika kulitmu iritasi dan terbakar sinar matahari, kamu dapat membuat masker untuk wajah dengan menggunakan yogurt dan buah labu oranye.

Jika ingin membuat masker yogurt, kamu harus menggunakan yogurt yang tanpa rasa atau “plain”. Oleskan saja pada kulit wajah kamu dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, barulah dibilas dengan air hangat.

Sedangkan untuk masker buah labu oranye, kamu harus menghaluskan labu tersebut sampai berbentuk seperti bubur. Kemudian tambahkan madu, lalu campur keduanya hingga merata dan oleskan ke kulit wajah atau kulit pada bagian tubuh yang terbakar sinar matahari.

2. Kulit kusam

Jika kamu merasa kulit wajahmu atau bagian tubuh yang lain terasa kusam, maka masker yang cocok untuk kamu gunakan adalah masker dengan buah pepaya dan lemon. Untuk membuat masker pepaya, kamu harus mengupas dan membuang bijinya pada bagian tengah pepaya tersebut, blender pepaya yang sudah dibersihkan itu, lalu campur dengan 1/4 sdm madu murni. Oleskan masker pepaya tersebut dan diamkan selama 15 menit pada kulit yang kusam.

Untuk membuat masker jeruk lemon, kamu perlu mencampur perasan jeruk lemon tersebut dengan sedikit garam laut. Aduk hingga garam tersebut larut, lalu baluri pada kulit yang terasa kusam. Kemudian, diamkan selama beberapa menit, barulah bilas dengan air hangat hingga bersih.

3. Kulit kering

Kamu memiliki masalah kulit kering? Jika ya, maka masker pisang dan alpukat dapat menjadi jalan keluar bagi masalah kulitmu. Untuk membuat masker pisang, gunakanlah 2 buah pisang yang sudah agak matang, lalu haluskan pisang yang sudah dibuang kulitnya itu, jangan lupa untuk tambahkan madu ke dalamnya, dan masker pisang itu siap dioleskan ke kulitmu yang kering. Tunggulah selama 20 menit, dan setelah itu baru dibilas dengan menggunakan air hangat.

Jika kamu lebih tertarik dengan masker alpukat, cara membuatnya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu 1 buah alpukat yang sudah agak matang untuk dihaluskan dan dicampur dengan madu secukupnya. Kamu juga bisa menambahkan sedikit yogurt “plain” ke dalamnya. Setelah bahan tersebut kamu aduk hingga rata, maka oleskan masker alpukat itu ke kulitmu yang dirasa kusam. Biarkan selama 15 menit, sebelum kamu membersihkannya dengan air hangat.

4. Kulit berminyak atau berjerawat

Jika jenis kulitmu adalah kulit berminyak, atau memiliki banyak jerawat yang muncul, maka ada 2 pilihan masker yang dapat kamu gunakan.

Pertama adalah masker putih telur. Masker ini sangat mudah untuk membuatnya. Ambilah putih telur, kurang lebih 2 putih telur. Lalu kocok putih telur tersebut bersama sari lemon, hingga mengental. Setelah itu, oleskan pada kulit wajah yang sering berminyak dan tempat munculnya jerawat. Tunggu hingga 15 menit sampai masker tersebut kering. Kemudian, kamu dapat membersihkannya dengan menggunakan air hangat.

Pilihan masker yang kedua adalah masker Aspirin. Mungkin kamu merasa ada yang janggal dengan menggunakan aspirin sebagai masker. Memang ini terkenal sebagai obat penghilang rasa sakit kepala, namun, aspirin juga ternyata memiliki khasiat yang baik untuk menghilangkan minyak pada kulit wajah.

Cara membuatnya adalah hancurkan kurang lebih 4-5 butir aspirin. Tambahkan sedikit air dan aduklah hingga menjadi seperti tepung kental. Lalu oleskan pada kulit wajah kamu. Sebelum membersihkannya dengan air hangat, kamu harus menunggunya kurang lebih selama 10 menit, hingga masker tersebut mengering.

Itulah beberapa masker yang mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Masker tersebut sangat cocok bagi kamu yang tidak sempat menghabiskan waktu untuk pergi ke salon.

Ingatlah untuk menambahkan madu pada masker-masker yang kamu buat agar kulitmu juga mendapatkan vitamin untuk menjaga kelembapannya. Selain itu, pastikan kamu selalu membersihkan masker dengan menggunakan air hangat, sehingga keelastisan pori-pori kulitmu tetap terjaga. (YK)

eHow

Comment di sini